Breaking News

Bank Aceh

Es Kelapa Muda, Primadona Bulan Ramadhan

Es Kelapa Muda, Primadona Bulan Ramadhan
Kelapa laku keras | foto r ismail

BULAN Ramadhan membawa keberkahan tersendiri bagi pedagang es kelapa. Minat pembeli yang meningkat membuat permintaan akan es kelapa muda yang meningkat. Itu karena, di bulan puasa, es kelapa muda menjadi minuman primadona saat berbuka.

Seperti yang dirasakan Ahmad, salah satu penjual air kelapa muda di kawasan Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Jumat 1 Mei 2020, mengaku keuntungannya berjualan di bulan puasa sangat meningkat. Bahkan sampai dua kali hingga tiga kali lipat dibanding hari baisa.

“Kalau bulan puasa bigini pembelinya bertambah. Sehari bisa habis 300 butir,“ katanya.

Sebelum memasuki bulan Ramadhan, dia mengaku telah mempersiapkan pembelian kelapa dari beberapa pemasok, baik yang ada di Banda Aceh maupun  dari luar kota.

“Saya sudah siapin dari jauh-jauh hari, stok kelapa muda dalam jumlah banyak,“ akunya.

Pedagang yang sudah berjualan kelapa muda sekira 12 tahun itu membandrol harga es kelapa Rp.10.000 per butir. Ahmad dibantu dua orang karyawannya, berjualan dari pukul 16:00 sampai pukul  19:00 WIB. 

Sementara itu Zainuddin, mengaku, dia berjualan air kelapa muda dan air tebu hanya selama bulan Ramdhan, di tepi Jalan Seulawah depan Sekolah Dasar Negeri (SDN) No.5 Banda Aceh, kawasan Seutui, Kecamatan Baiturrahman.

Zainuddin mengaku membandrol harga air kelapa itu Rp.7.000 per butir, tanpa es dan sirup. Ditanya omzet per hari, dia enggan menyebutkannya. “Pokok lumayan lah pak, cukup untuk biaya rumah tangga dan persiapan menghadapi Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah," ujarnya.

Secara terpisah beberapa pedagang lainnya di kawasan Neusu, Banda Aceh juga mengaku, sejak awal hingga memasuki hari ke-9 Ramadhan 1441 Hijriah penjualan kelapa muda laris manis, karena menjadi salah satu minuman favorit banyak diburu warga untuk berbuka.  

Pantauan BERITAMERDEKA.net dilakukan disejumlah sentra-sentra penjualan kelapa muda, seperti di kawasan Blang Padang dan Lapangan Neusu, Banda Aceh, banyak dikunjungi warga sejak pukul 16.00 wib hingga menjelang berbuka. 

Hasballah, penjual kelapa muda, lainnya mengaku, selama memasuki Ramadhan dapat menambah pundi-pundi rezekinya. Diakui, meski banyak permintaan selama Ramadhan, tapi tidak membuat stok kelapa muda habis, bahkan selama puasa stok kelapa muda cukup banyak tersedia.

Dikatakan, jika hari-hari biasa mampu menjual kepala muda antara 100 hingga 150 buah, namun selama Ramadhan mampu menghabiskan 250 hingga 300 buah. Meski pembeli meningkat signifikan, tapi harganya relatif stabil Rp.7.000, dan bila ditambah es dan sirup harganya menjadi Rp.10.000/kelapa. 

Seorang warga, Syukri (48 tahun), mengaku sengaja datang kawasan Blang Padang hanya untuk membeli kelapa muda. “Saya ke sini mau membeli kelapa muda buat berbuka, mudah-mudahan waktu berbuka nanti merasa segar,“ katanya.

Sementara itu, salah seorang pembeli lainnya Hj Maryam menyatakan, berbuka puasa dengan es kelapa muda bisa lebih cepat menghilangkan dahaga selepas menjalankan ibadah puasa.

"Rasanya jika dicampur dengan gula merah atau putih dan ditambah es, kelapa muda itu bisa langsung menghilangkan dahaga,“ katanya. | r ismail |

Sponsored:
Loading...