Breaking News

Ekspor Rempah Rendah, DRI-Kadin Sumut Akan Gelar Expo Rempah Internasional

Ekspor Rempah Rendah, DRI-Kadin Sumut Akan Gelar Expo Rempah Internasional

Medan, BERITAMERDEKA.net-Nilai ekspor rempah Indonesia pada Januari-April 2020, sebesar US$218 juta atau meningkat sekitar 19,28 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

"Angka ekspor ini masih tergolong rendah dan perlu terus digenjot karena rempah kita masih cukup potensial," kata Ketua Umum Kadin Sumatera Utara, Khairul.Mahalli kepada media ini di Medan, Selasa 23/3/2021.

Dia mengemukakan hal itu terkait akan digelarnya Expo Rempah Internasional di Kawasan Danau Toba (KDT). Kegiatan yang digelar bulan Desember mendatang itu atas kerjasama Kadin Sumut dengan Dewan Rempah Indonesia (DRI).

Dia menyebutkan mengacu pada data Kemendag RI ekspor rempah masih mengalami beberapa hambatan seperti penutupan laboratorium untuk pengujian, penutupan bandar udara komersial internasional.

Hambatan lainnya berkurangnya permintaan dari negara importir karena pemberlakuan karantina wilayah atau lockdown akibat pandemi Covid-19.

"Namun,ke depan ekspor rempah harus digenjot sekaligus menerobos pasar ekspor negara negara yang.membutuhkan rempah seperti Perancis, Belanda dan kawasan eropa lainnya," ujar Mahalli yang didampingi Wakil Ketua Umum Kadin Sumut Heri Batangari Nasution.

Mahalli berharap kegiatan Expo Rempah International yang akan diikuti pelaku usaha termasuk UMKM dalam.negeri maupun luar negeri menjadi peluang besar bagi ekspotir rempah Indonesia untuk menjalin hubungan bisnis dengan peserta expo lainnya.

"Tak bisa dipungkiri, rempah Indonesia sudah sangat dikenal di.Eropa dan negara lainnya sejak zaman dulu. justru itu kita harus bangkit kembali meningkat produktivitas petani rempah, pengumpul dan pelaku usaha," kata Mahalli yang juga Ketua Umum DPP Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) ini.(Bachtiar A)

Iklan BM Bank Aceh
Sponsored:
Loading...
Iklan BM DPRA
Sponsored:
Loading...