Breaking News

E-Commerce, Beli Talian atau Kedai

E-Commerce, Beli Talian atau Kedai

Oleh : Nor Anirah binti Mohd Zohari

 DIERA globalisasi sekarang perkembangan teknologi informasi dan software meluas dengan pesat, hal ini membuat transaksi konvensional menjadi mungkin untuk dilakukan secara elektronik.

Software yang digunakan terpasang pada serve e-commerce dan bekerja secara simultan dengan sistem pembayaran online untuk memproses transaksi.

Apa yang perlu kita ketahui, E-commerce yaitu perdangan elekronik adalah kegiatan jual beli barang/jasa atau transmisi dana/data melalui jaringan elektronik, terutama internet. Yang artinya melakukan bisnes melalui jaringan yang saling terhubung.

Dalam bahasa yang mudah, e-commerce ini jualan di atas talian, e-commerce membolehkan peniaga untuk menjual bukan pada sekitarnya sahaja, namun e-commerce juga bisa menjual di daerah seluruh Negeri atau pada negera-negara lain. E-commerce ini lebih berpotensi dari membuka kedai-kedai kecil ditepi jalan.

E-commerce adalah jualan online bisnis dimana peniaga bisa memasarkan jualan atau barangan mereka melalui website, media sosial yaitu instagram/facebook atau juga bisa melalui marketplace seperti lazada, shopee. Semua aktivitas lain seperti pengelolaan website sudah diurus oleh platform tersebut.

Marketplace, bisa dianggap sebagai penyedia jasa mall online, namun yang berjualan bukan penyedia website, melainkan anggota-anggota yang mendaftar untuk berjualan di website marketplace umumnya menyediakan lapisan keamanan tambahan untuk setiap transaksi yang terjadi, seperti sistem pembayaran escrow atau lebih umum dikenal sebagai rekening bersama.

Jadi setiap terjadi transaksi di dalam sistem marketplace tersebut, pihak marketplace yang akan menjadi pihak ketiga yang menrima pembayaran dan menjaganya hingga produk sudah dikirimkan oleh penjual dan diterima oleh pembeli.

Setelah proses pengiriman selesai barulah uang pembayaran diteruskan ke pihak penjual.

E-commerce normally orang mencari barang yang susah nak dapat di kedai-kedai biasa, ataupun barang itu hanya jual di Bandar/kota sedangkan pengguna di pendalaman.

Ataupun pengguna lebih memilih membeli online daripada harus memusing satu mall semata-mata untuk mencari satu barang. Lebih baik membeli diatas talian dan membayar juga di diatas talian, kemudian menunggu beberapa hari untuk barang tersebut sampai, jadi disini pembeli lebih hemat waktu.

Kebanyakkan e-commerce ni diceburi oleh pihak muda, tapi ada juga orang yang tua umurnya berminat dengan e-commerce ni, Cuma sedikit bagi kalangan mereka. Kalau melihat statistic, shoppee dan lazada paling utama tumpuannya kemudian baru di instagram, facebook dan lainnya.

Dengan berjualan di atas talian ini mungkin lebih mudah karena tidak memerlukan kedai fizikal untuk disewa atau dibayar setiap bulan, barang yang mereka jual pun mungkin lebih murah dan mempunyai banyak stok, jadi disini pelanggan berminat untuk singgah di page-page atau link untuk berbelanja atas talian. Faktornya kedai di atas talian lebih murah berbanding kedai biasa.

Apa yang harus kita ketahui adalah kelebihan dan juga kekurangan e-commerce yang secara umum/luas.

Kelebihan e-commerce adalah produk dan layanan variasi, anda bisa membuat pilihan secara luas dan memperoleh informasi yang dibutuhkan dan juga bisa membandingkan penawaran lainnya.

Mempersingkatkan rantai distribusi juga salah satu kelebihan e-commerce, e-commerce memperpendekkan rantai distribusi produk atau bahkan justru menghilangkannya.

Dengan cara ini, saluran langsung antara produsen atau penyedia layanan dan pengguna akhir memungkinkan mereka untuk menawarkan produk atau jasa yang sesuai dengan target pasar. Selain itu, dengan perkembangan sistem pembayaran yang ada saat ini sangat memudahkan transaksi e-commerce.

E-commerce memungkinkan brand untuk lebih dekat dengan pelanggan mereka, sehingga meningkatkan produktivitas dan daya saing bagi perusahaan.

Dengan demikian konsumen diuntungkan dengan peningkatan kualitas layanan, kedekatan yang lebih ‘intim’, serta dukungan pra dan pasca penjualan yang lebih efisen. Kelebiahan seterusnya adalah belanja kapan saja.

Dengan banyaknya bentuk aktifitas perdagangan elektronik baru, anda dapat berbelanja melalui toko virtual kapanpun yang mau.

Pengurangan biaya adalah keuntungan penting lainnya yang terkait dalam dunia e-commerce.

Semakin umu proses bisnes tertentu, maka semakin besar tingkat keberhasilannya. Hal itu menghasilkan pengurangan biaya administrasi yang signifikan.

Beberapa kekurangan dari e-commerce adalah dimana ketergantungan yang sangat kuat pada teknologi informasi dan komunikasi.

Kurangnya undang-undang yang memadai untuk mengatur kegiatan e-commerce, baik nasional maupun internasional. Selai itu budaya pasar yang menolak perdagangan elektronik (pelanggan tidak bisa menyentuh atau mencoba produk) dan hilangnya privacy, cakupan wilayah, serta identitas dan perekonomian Negara.

Kekurangan seterusnya adalah warnanya melakukan transaksi bisnes online dan warna serta kualitas produk yang dijual belum tentu sama antara foto yang ditampilkan di website dengan produk asli.

Masalahnya terdapat penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan, mempunyai hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini, dan promo abuse dari konsumen.

Tidak semua barang cocok untuk untuk dijual, ada bebrapa barang yang cocok dijual secara elektronik seperti barang elektronik kecil, music, peranti lunak, fotografi dan lain-lain. Barang yang tidak cocok pula seperti barang yang memiliki rasio harga dan berat yang rendah, barang-barang yang perlu dibaui, dipegang dan dicicip.

Menurut saya pada masa sekarang yang kita ketahui masa darurat karena covid-19 yang disebabkan seluruh Negara harus ada kawalan pergerakan, jadi sistem ecommerce atas talian ini sangat sesuai.

Sesuai dengan perintah Negara bahwa rakyat harus terus berada di dalam rumah/pengurangan sosial dimana rakyat tidak harus susah-susah keluar rumah untuk berbelanja.

Hanya belanja di atas talian saja. Disini dapat membantu rakyat dalam masa yang sama mematuhi perintah Negara.*

Penulis Adalah : Mahasiwi Jurusan Hukum Keluarga Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-raniry, asal Negara Malaysia

Sponsored:
Loading...
Loading...