Breaking News

Dosen Agribisnis Unimal Sosialisasikan Penjemuran Kopi Sistem Rumah Kaca

Dosen Agribisnis Unimal Sosialisasikan Penjemuran Kopi Sistem Rumah Kaca

Aceh Utara, BERITAKERDEKA.net – Hujan terus-menerus menyebabkan petani kesulitan menjemur biji kopi. Hal ini berdampak terhadap kualitas kopi yang akan diolah. Salah satu teknologi pascapanen kopi adalah teknik pengeringan rumah kaca, selain mempercepat proses pengeringan, hemat tempat, dan produk yang dihasilkan lebih higienis.

Hal ini disampaikan Emmia Tambarta, S.P. M.Si, salah satu Dosen Agribisnis yang juga tim pengabdian yang didanai PNBP Universitas Malikulsaleh. Emmia memaparkan tentang alat alternatif untuk mengeringkan biji kopi melalui pengeringan abstrak rumah kaca.

Dalam keterangan pers nya, yang diterima awak BeM, Kamis (25/11/2021), Emmia Tambarta menyebutkan bahwa pengeringan rumah kaca adalah suatu proses untuk mempercepat proses pengeringan, hemat tempat, dan produk yang dihasilkan lebih higienis sehingga mempunyai nilai tambah ekonomi karena proses pengeringan dapat menentukan mutu dan kualitas dari biji kopi yang dihasilkan.

Diakuinya, selama ini pengeringan biji kopi dilakukan dengan pengeringan konvensional menggunakan bantuan sinar matahari, tentunya proses pengeringan ini sangat tergantung kepada kondisi cuaca dan hanya bisa dilakukan pada pagi hingga siang hari. Hal ini akan menyebabkan memerlukan waktu lama.

Dosen Program Studi Agribisnis ini pun, dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengangkat tema Rehabilitasi Ekonomi Pada Masa Pandemi Melalui Usaha Penjemuran Biji Kopi Sistem Rumah Kaca di Gampong Releut Timu Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Pengabdian dilaksanakan di Gampong Releut Timu, dengan peserta masyarakat petani.

Adapun tim pengabdian, meliputi Fadli, S.P., M.Si, Dr. Suryadi, S.P., M.P,, Emmia Tambarta, S.P. M.Si., Irada Sinta, S.P., M.Si, Bustami, S.Si., M.Si., M.Kom, dan Rizal, S.Si. M.IT.

Pada kegiatan pengabdian ini, masyarakat dikenalkan dengan rumah kaca yang dapat digunakan sebagai tempat pengeringan kopi. Selain itu pemateri juga menjelaskan tentang alat dan bahan serta cara pembuatan rumah kaca kepada masyarakat.

Bangunan rumah kaca yang dibangun dengan menggunakan plastik UV karena memiliki daya tahan yang tinggi dan cepat menyerap panas, serta rangka rumah kaca terbuat dari baja ringan.

Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat terdorong untuk membuat peluang usaha baru yaitu penjemuran kopi atau produk pertanian lainnya. |*|

Editor:
Sponsored:
Loading...