Breaking News

Donald Trump Covid, Harga Emas Naik

Donald Trump Covid, Harga Emas Naik

Jakarta, BERITAMERDEKA.net - Harga emas dunia bergerak ke level USD1.900 dalam perdagangan Jumat waktu setempat (Sabtu pagi WIB). Kenaikan harga emas terbatas karena dolar AS yang lebih kuat.

Tetapi emas batangan tetap menuju kenaikan mingguan terbesar dalam delapan minggu karena Presiden AS Donald Trump dinyatakan positif Covid-19 yang merusak sentimen risiko.

Tercatat, harga emas di pasar spot turun 0,2% menjadi USD1.900.40 per ounce. Harga akan naik 2,2% minggu ini, menuju persentase kenaikan mingguan terbesar sejak awal Agustus. Emas berjangka AS turun 0,5% menjadi USD1.907.60.

“Pemilu tinggal 33 hari lagi, ada begitu banyak yang tidak diketahui, apakah ini gejala yang ringan, bagaimana dia akan bereaksi terhadapnya. Jadi kita harus terbang ke tempat yang aman untuk menjaga emas tetap bertahan, ” kata senior market strategist di RJO Futures Bob Haberkorn.

“Pedagang tampak berhati-hati karena mereka khawatir tentang penjualan pasar ekuitas," katanya.

Harga emas telah naik ke level tertinggi lebih dari satu minggu setelah Trump mengatakan dalam akun Twitternya bahwa dia dan istrinya Melania dinyatakan positif virus corona.
Namun Gedung Putih meyakinkan orang Amerika bahwa Presiden Trump dalam keadaan sehat.

Sementara Itu, investor juga mencatat laporan ketenagakerjaan bulanan terakhir sebelum pemilihan presiden 3 November, yang menunjukkan pertumbuhan pekerjaan AS melambat lebih dari yang diharapkan pada bulan September.

“Emas kemungkinan akan tetap terikat dalam kisaran dalam jangka pendek. Pasar akan menunggu hingga akhir pekan dan mencari berita, ” kata head of base and precious metals derivatives trading di BMO Tai Wong.

Dolar AS juga mendapat manfaat dari arus masuk safe-haven, membatasi kenaikan emas.
Fokus juga tertuju pada kesepakatan stimulus fiskal AS penanganan virus coronayang sulit dipahami.

Emas dapat naik kembali jika kongres AS mengesahkan RUU stimulus, yang tampaknya menjadi pasar yang bertahan untuk saat ini.

Di tempat lain, harga perak turun 0,6% menjadi USD23,73 per ounce, platinum turun 2% menjadi USD878,47 dan paladium turun 0,1% menjadi USD2.313,68.(*)

Sumber:Okezone
Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...