Breaking News

Dinas Pendidikan Dayah Berangkatkan 20 Peserta Ikuti Musabaqah Qiraatul Kutub

Dinas Pendidikan Dayah Berangkatkan 20 Peserta Ikuti Musabaqah Qiraatul Kutub

Bener Meriah, BERITAMERDEKA.net- Dailami melepas sejumlah peserta yang akan mengikuti Musabaqah Qiraatul Kutub ke II Tingkat Provinsi Aceh, yang akan di laksanakan di Kota Banda Aceh, Senin (11/10/2021).

Dalam arahannya Dailami berpesan kepada para peserta, kiranya dapat tampil maksimal dan berprestasi agar dapat mengharumkan nama Kabupaten Bener Meriah. Dailami juga meminta peserta agar menjaga kesehatan dan menjalankan protokol kesehatan yang di anjurkan pemerintah, tetap semangat agar  disegani kabupaten lainnya.

Selain itu Plt Bupati Dailami juga mengingatkan peserta agar sebelum melaksanakan lomba, hendaknya terlebih dahulu meminta restu dari kedua orang tuanya.

Sebelumnya kepala Dinas Pendidikan Dayah, Drs. Al Manar dalam laporannya mengatakan, Musabaqah Qiraatul Qutub merupakan ajang lomba bagi para santri dan santriwati dalam hal pemahaman dan penguasaan kitab gundul atau lebih di kenal dengan sebutan kitab kuning.

Untuk persiapan mengikuti MQK ini, Dinas Pendidikan Dayah yang di pimpinnya telah melakukan TC (Training Center) bagi sejumlah santri dan santriwati dari sejumlah Dayah dan pondok pesantren yang ada di Kabupaten Bener Meriah dan berdasarkan hasil TC sebanyak 20 orang peserta telah siap untuk diberangkatkan, ungkapnya.

Al Manar juga menyebutkan bahwa peserta terdiri dari berbagai tingkatan, mulai dari tingkat Ula, tingkat Wustha, dan tingkat Ulya.

Sedangkan menyangkut materi yang di lombakan, menurut Almanar, mencakup bidang Ahlak, Tauhid, Hadis, Tarikh, Tafsir, Fiqh, Balghah dan Nawh. Selain itu Al Manar juga berharap doa dari seluruh masyarakat Bener Meriah agar peserta dapat tampil maksimal dan dapat mengharumkan nama Kabupaten Bener Meriah.

Disisi lain Sekretaris Dinas Dayah, Drs. Hamdani kepada BeM menyampaikan, seluruh keperluan akomodasi dan penginapan peserta telah di persiapkan. Peserta akan di konsentrasikan di Asrama Haji. Sebelum memasuki Asrama haji peserta terlebih dahulu akan transit di anjungan Bener Meriah di Taman Ratu Saifatudin untuk beristirahat.

Ia juga merincikan jumlah peserta yang di berangkatkan sebanyak 20 orang di tambah delapan orang official dan pelatih.

Terkait capain prestasi yang pernah di raih Kabupaten Bener Meriah pada pelaksanaan MQK ke I. Sekretaris Dinas Dayah ini juga menjelaskan, pada pelaksanaan MQK ke I para santri hanya mampu mencapai juara harapan. Pihaknya berharap pada pelaksanaan MQK kali ini, bisa lebih baik dari tahun sebelumnya.

Hadir dalam acara pelepasan peserta Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK) wakil ketua DPRK Bener Meriah Tgk. Husnul Ilmi.S.Sy, Ketua MPU Bener Meriah Tgl Al Muzani, serta para wali santri yang turut mengantar leberangkatan peserta. | Nisa |

Editor:
Sponsored:
Loading...