Breaking News

Diduga Tidak Netral, Alumni Unsam Ingatkan Pansel Pilrek

Diduga Tidak Netral, Alumni Unsam Ingatkan Pansel Pilrek

Langsa, BERITAMERDEKA.net - Merebak isu tidak netral panitia seleksi penjaringan dan penyaringan Pemilihan Rektor Universitas Samudera Langsa, membuat gerah beberapa alumni Fakultas Ekonomi kampus tersebut.

Salah satunya yaitu, Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Samudera (Unsam) Langsa. Mereka memberikan lampu kuning terhadap isu tersebut.

Panitia pemilihan rektor harus independen, menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam menyukseskan pemilihan secara profesional dan proporsional.

"Kita tidak ingin proses pemilihan rektor yang bertujuan untuk kemajuan kampus, tercederai oleh sikap atau perilaku panitia yang tidak profesional. Karenanya, kita minta panitia Pilrek harus hati-hati dalam menjalankan tugasnya dan selalu mengedepankan profesionalitas dan independensinya," demikian hal ini disampaikan Wakil Ketua Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi Unsam Langsa, Ray Iskandar, SE., kepada awak media, Kamis (27/05/2021).

Ia menyebutkan, bila isu ini benar maka sangat disayangkan nilai demokrasi, kejujuran dan keadilan pada lembaga pendidikan tinggi yang menjadi rujukan masyarakat tersebut akan tercederai. Bahkan ironinya, masyarakat akan kehilangan sandaran rujukan nilai demokrasi dalam melakukan berbagai aktifitas publik lainnya.

Menjelang pemilihan rektor pascapenetapan lima nama calon yang lulus syarat administrasi, telah menyeruak isu dugaan rektor dan panitia yang dinilai tidak netral. Sehingga isu ini menimbulkan keresahan dikalangan civitas akademika Unsam, bahkan di kalangan alumni Unsam yang selalu mendukung upaya kemajuan kampus tersebut, ujarnya.

"Karenanya, demi menjaga almamater dan mendukung kemajuan Unsam Langsa, maka Ikatan Alumni Unsam akan mengawasi tahapan Pemilihan Rektor Unsam yang berkeadilan dan bermartabat, bila terindikasi dan ditemukan kecurangan, kita akan membawa permasalahan ini ke ranah hukum," demikian tegas Ray.

Seperti diketahui, bakal calon Rektor Unsam Langsa periode 2021 - 2025 berdasarkan penetapan Panitia Seleksi Penjaringan bakal calon (balon) sebagaimana kutipan dari laman unsam.ac.id yaitu, Dr. Nurlina, SE, MSi, Dr. Saiman, M.Pd, Dr. Muhammad Nasir, SH. MH., dan Dr. Asnawi, S.Pd, M.Pd., yang berasal dari Unsam Langsa, serta Dr. Ir. Hamdani, MT., berasal dari Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Sementara itu, ketua panitia penjaringan dan penyaringan, Wakil Rektor III Unsam Langsa, Bukhari, saat di konfirmasi beritamerdeka.net, sekira pukul 17.23 WIB melalui telepon selulernya, tidak mau menjawab. | syafrul |

Editor:
Sponsored:
Loading...