Breaking News

Bank Aceh

Di Aceh Jaya, Polisi Lantas Ikut Amankan Sapi Liar Di Jalan Raya

Di Aceh Jaya, Polisi Lantas Ikut Amankan Sapi Liar Di Jalan Raya
Salah seorang polisi lantas mengamankan sapi sapi di jalan raya | foto musliadi

Calang, BERITAMERDEKA.net- Pemerintah Aceh Jaya dinilai tak tegas terhadap penertiban ternak yang bebas berkeliaran di jalan nasional, kantor Pemerintah maupun kawasan Kota Calang.

Banyaknya sapi berkeliaran setiap hari di jalan raya, membuat polisi lalulintas di daerah itu, ikut mengamankan sapi sapi yang sangat mengganggu lalulintas.

Tidak sedikit laka lantas yang disebabkan oleh kawanan ternak yang bebas berkeliaran tanpa adanya tindakan tegas oleh pihak dinas terkait.

Akibatnya, hampir setiap tahun laka lantas di wilayah Aceh Jaya yang disebabkan oleh ternak meningkat drastis.

Bahkan, banyak dari warga luar daerah yang pernah datang ke Kabupaten Aceh Jaya, pasti akan berkata Aceh Jaya kabupaten kawanan ternak karena ternak bebas berkeliaran di sepanjang jalan.

Sebenarnya, di Qanun Aceh Jaya nomor 5 Tahun 2013 tentang penertiban hewan ternak, sudah sangat cukup menjadi dasar untuk menertibkan atau memberi sanksi terhadap pemilik ternak yang membandel.

Pemerintah Aceh Jaya jangan tutup telinga jika warga banyak yang mengeluh terhadap kawanan ternak, dan jika tidak tegas maka sampai kiamat pun setiap orang yang datang ke Aceh Jaya akan dicap sebagai kabupaten daerah kawanan ternak.

Disinilah, Pemkab Aceh Jaya diminta menjawab keresahan masyarakat yang selama ini dihantui oleh banyaknya hewan ternak yang bebas berkeliaran terutama bagi pengguna jalan barat selatan yang melintasi wilayah Aceh Jaya.

Bukan hanya itu, Irwandi Yusuf Gubernur Aceh non aktif saat pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Jaya tiga tahun silam, juga pernah mengingatkan agar Pemkab dapat dilakukan penertiban ternak yang berkeliaran dijalan.

Gubernur Aceh saat itu, mempertegas kepada Bupati-Wakil Bupati terpilih agar segera melakukan penertiban ternak yang berkeliaran di jalan karena dapat memicu kecelakaan dan korban jiwa dan Jangan sampai kedaulatan sapi melebihi kedaulatan manusia.

“Bagaimana mungkin kita mempromosikan pariwisata, sementara sapi masih bebas berkeliaran di jalan raya,” kata Irwandi Yusuf dengan judul "Pesan Irwandi ke Irfan TB, Dari Pemerintahan Bersih hingga Ternak Berkeliaran".|musliadi|

Sponsored:
Loading...