Breaking News

Dewan Minta PPI Lugu Tampung Ikan Nelayan Simeulue

Dewan Minta PPI Lugu Tampung Ikan Nelayan Simeulue

Simeulue, BERITAMERDEKA.net - Anggota DPRK Simeulue dari Komisi A dan B melakukan peninjauan ke lokasi Cold Storage yang berada di kawasan PPI Lugu, Simeulue Timur, Rabu (17/02).

Ketua Komisi B, Jul Akmal yang didampingi Wakil Ketua Komisi B, Rita Diana, serta Anggota Komisi A, Hj. Mirati, turut didampingi oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Simeulue, Isdawati, S.PI.

Keberadaan cold storage yang berada di PPI Lugu saat ini, dikatakan Jul Akmal, dikelola PT. Madhani dan Perum Perindo dengan skema kerjasama dalam bentuk kontrak dengan Pemda Simeulue.

Jul Akmal dan beberapa anggota dewan yang juga ikut melihat ke lokasi, berharap cold storage bisa menjadi sarana untuk membantu nelayan di Simeulue, dalam melakukan penampungan hasil tangkapan ikan.

"Akses seluas-luasnya harus diberi kepada nelayan, untuk membeli hasil tangkapan nelayan, sehingga bisa membantu perekonomian nelayan," kata Wakil Ketua Komisi B.

Seperti diketahui, jika hasil tangkapan nelayan melimpah, akan terjadi penurunan harga ikan secara drastis, dan tentu saja dengan adanya cold storage, ikan yang dijual nelayan tidak sia sia.

Sementara itu, Rita Diana mengungkapkan cold storage akan menjadi sumber pendapatan untuk meningkatkan PAD Kabupaten Simeulue dari sektor perikanan.

Di samping itu, Ia meminta pihak perusahaan, untuk menampung tenaga kerja lokal, sehingga peluang terbuka lebar kepada putra daerah di Simeulue.

Senada itu, pihak Perum Perindo mengakui  saat ini daya tampung ikan yang dibutuhkan sebesar lima ton perhari, namun hanya terpenuhi ikan dari nelayan sebesar satu ton.

Hal ini dipicu, masih minimnya alat tangkap nelayan yang masih tradisional di Simeulue, sehingga kalah bersaing dengan alat tangkap nelayan dari luar Simeulue. (*)

Editor:
Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...