Breaking News

Denda Hanya Jika Wajib Pajak Terlambat Lapor SPT Melebihi Tenggat Waktu

Denda Hanya Jika Wajib Pajak Terlambat Lapor SPT Melebihi Tenggat Waktu

Medan, BERITAMERDEKA.net- Penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi berakhir pada 31 Maret 2021 dan untuk SPT Tahunan Badan berakhir 30 April 2021.

"Namun tidak ada perpanjangan waktu" kata Silvia Koesman menjawab Beritamerdeka.net di Medan, Jumat 5/3/2021.

Konsultan pajak ini menyebut jika SPT tidak disampaikan dalam jangka waktu yang telah ditentukan maka akan dikenakan sanksi administrasi berupa denda Rp100.000 untuk SPT Tahunan PPh WP Orang Pribadi dan Rp1.000.000 untuk SPT Tahunan PPh Badan.

Terkait kurang bayar, Silvia yang juga Sekretaris Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) Cabang Medan ini menjelaskan apabila surat ketetapan pajak kurang bayar ( SKPKB ) atau SKPKB Tambahan serta Surat Keputusan Pembetulan (SKP) Surat Keputusan Keberatan, Putusan Banding atau Putusan Peninjauan Kembali yang menyebabkan jumlah pajak yang masih harus dibayar bertambah, atas jumlah pajak yang tidak atau kurang dibayar itu dikenakan sanksi administrasi.

Sebelumnya, tarif sanksi pajak sesuai UU KUP adalah single tarif 2 % per bulan untuk sanksi keterlambatan atau kurang bayar telah diubah menjadi tarif sanksi pajak atau tarif bunga sanksi administrasi pajak tersebut berdasarkan suku bunga acuan per bulan.

"Hal ini ditetapkan Menteri Keuangan untuk seluruh masa dihitung dari tanggal jatuh tempo sampai dengan tanggal pembayaran atau tanggal Surat Tagihan Pajak ( STP ) dan dikenakan paling.lama 24 bulan serta bagian bulan yang dihitung penuh satu bulan berdasarkan Pasal 19 UU KUP," terang Silvia.


Tarif bunga sanksi pajak katanya yang berlaku akan diupdate terus melalui keputusan Menteri Keuangan secara berkala. (Bachtiar A)

Iklan BM Bank Aceh
Sponsored:
Loading...
Iklan BM DPRA
Sponsored:
Loading...