Breaking News

Dana Komite Capai Setengah Milyar Setahun, Anak Putus Sekolah Meningkat

Dana Komite Capai Setengah Milyar Setahun, Anak Putus Sekolah Meningkat
Ilustrasi

Langsa, BERITAMERDEKA.net
Tingginya biaya pendidikan menjadi salah satu faktor banyaknya anak putus sekolah dari keluarga kurang mampu dan miskin.

Hal ini mengakibatkan timbulnya gejolak sosial dimasyarakat termasuk kejahatan yang dilakukan oleh para penganggur ini.

Bedasarkan data yang dihimpun pengutipan uang komite sekolah SMA Neg 3 Langsa setiap bulan mencapai Rp.48.850.000, bila dikalkulasikan selama setahun maka Rp.586.200.000.

Menurut salah seorang wali murid yang tidak ingin disebutkan identitasnya, untuk murid baru dan lama harus membayar uang komite selama dua bulan sebesar Rp.100.000.

Kata wali murid itu lagi, meski pengutipan tersebut hasil dari pada musyawarah komite dan wali murid, namun terkesan dipaksakan.

Selanjutnya dikatakan, untuk murid baru harus dibayar Rp.965.0000 untuk uang baju meski bisa di cicil beberapa kali.

"Dalam masa pandemik Covid 19, mestinya sekolah menjadi salah satu lembaga yang memberikan keringanan biaya, apalagi sudah beberapa bulan murid tidak masuk kelas, malah uang yang tidak boleh berkurang," ungkap wali murid itu.

"Sekolah sebesar kotak korek api, uang komite sangat besar, apa lagi yang telah dibangun kemana saja uang tersebut dipergunakan," tukas wali murid itu kesal.

Karena itu, meminta kepada pemerintah untuk menertibkan sejumlah sekolah yang melakukan pengutipan mengatasnamakan komite.

Sementara itu sebelumnya, Kepala Sekolah SMA Neg 3, Suhafrinal membenarkan adanya pengutipan uang komite sebesar Rp.50.000 setiap bulannya kepada setiap murid yang menimba ilmu disekolah tersebut. |syafrul|

Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...