Breaking News

Butuh Uluran Pemerintah, Kelompok Usaha Sabut Kelapa Labuhan Haji

Butuh Uluran Pemerintah, Kelompok Usaha Sabut Kelapa Labuhan Haji

Tapaktuan, BERITAMERDEKA.net- Olahan sabut kelapa  Usaha Kecil dan Menengah Kelompok Unit Bersama (UKM Kuber) Agung Cemerlang di Gampong Panton Pawoh, Kecamatan Labuhanhaji Barat, Aceh Selatan, mendapatkan omset hasil produksi mencapai Rp 7 Juta per bulan.

Usaha olahan sabut kelapa ini dirintis sejak tahun 2017 lalu, saat itu juga hingga beberapa tahun kemudian tidak lagi beroperasi diakibatkan tumbangnya pohon  mengenai pabrik sabut kelapa tersebut.

Muslizar (56) salah satu penggerak usaha kepada beritamerdeka.net Rabu 13 Januari 2021 mengatakan usaha pengolahan sabut kelapa kembali dirintis dalam bulan November 2020 sampai sekarang dengan menggunakan alat rakitan sendiri.

"Alhamdulillah, onzet dari produksi olahan sabut kelapa ini mencapai Rp 7 juta perbulan," kata Muslizar.

Muslizar yang turut didampingi Keuchik Gampong Panton Pawoh, Said Anshar, ia menjelaskan  olahan sabut kelapa tersebut dipasarkan ke beberapa wilayah di Aceh dan juga Medan Sumatera Utara.

Hasil produksi olahan sabut kelapa diorder ke pasar cocovit (pupuk organik sabut kelapa) dan cocoviber (sabut kelapa) belum bisa dipasarkan karena belum tersedia  mesin fres.

Camat Labuhanhaji Barat, Said Suhardi S.Pd menyatakan, pihak pemerintah sangat mengapresiasi dengan penemuan teknologi tepat guna (TTG) binaan pemerintah Gampong Panton Pawoh.

"Dengan adanya usaha ini dapat membuka peluang usaha dan meningkatkan perekonomian masyarakat gampong," harapnya.|yati|

Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...