Breaking News

Butuh Pengakuan Negara, 100 Pasutri  di  Aceh Selatan Isbat Nikah

Butuh Pengakuan Negara, 100 Pasutri  di  Aceh Selatan Isbat Nikah

Tapaktuan, BERITAMERDEKA.net - Srbanysk 100 pasangan suami istri (Pasutri) dari berbagai kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan, menjalani Isbat Nikah, berlangsung di Kantor Mahkamah Syariah Aceh Selatan, Jalan Teuku Ben Mahmud, Tapaktuan, Rabu (5/8/2020).

Isbat Nikah dilaksanakan Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh bekerjasama dengan DSI Aceh Selatan. Kepala DSI Aceh Selatan, Indra Hidayat MAg ikut hadir menyaksikan isbat nikah ini.

Kasie Kerjasama Antar Lembaga, Eksekusi dan Peradilan DSI Aceh Selatan, Hidayatul Mustafith SSos mengatakan, kegiatan ini
bertujuan untuk mengakomodir kepentingan administrasi kependudukan sebagai warga negara.

"Sebagaimana diketahui, masih banyak ditemukan pasangan suami istri yang secara sah telah menikah, namun belum mendapat pengakuan dari negara," ujarnya.

Karena menurutnya, ada berbagai macam faktor, salah satu diantaranya menikah pada saat konflik yang terjadi di Aceh,  dan dari kalangan kurang mampu.

"Isbat nikah yang akan berlangsung dua hari terhitung hari ini dan besok sifatnya "One Day Service" dengan melibatkan tiga layanan sekaligus," jelasnya.

Sidang itsbat nikah dilakukan Mahkamah Syar'iyah, penerbitan buku akta nikah Kementerian Agama dan penerbitan akta kelahiran oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Pelaksanaan isbat nikah sudah dilakulan dari 2012, jumlahnya bervariasi dan terus meningkat. Pada 2020 ini 100 pasangan untuk masing-masing kabupaten/kota.

"Isbat nikah ini dilakukan secara terpadu bersama dengan Mahkamah Syariah, Kemenag Kabupaten, Disdukcapil, Dinas Syariat Islam provinsi dan kabupaten," jelasnya.| yati |

Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...