Breaking News

Bupati : Jangan Kucilkan Mereka, Dua Kali Rapid Test Tiga Santri Simeulue Negatif

Bupati : Jangan Kucilkan Mereka, Dua Kali Rapid Test Tiga Santri Simeulue Negatif
Tiga Santri negatif rapid test | foto al ashab

Simeulue, BERITAMERDEKA.net - Setelah menjalani rapid test kedua kalinya, ketiga santri yang tiba di Simeulue dari Magetan, Jawa Timur, dinyatakan negatif, Selasa, 05 Mei 2020.

Sebelumnya pada 25 April lalu enam santri menjalani rapid test, tiga diantaranya dinyatakan negatif dan tiga lainnya dinyatakan positif Covid-19.

Rapid test yang dilakukan ddua kali dilakukan dalam kurun waktu sepuluh hari itu untuk memastikan apakah ketiga santri tersebut positif atau negatif Covid-19.

Rapid test juga dilakukan kepada lima orang keluarga dari ketiga santri yang belajar di Magetan, Jawa Timur.

Tiga santri yang menjalani rapid test yakni masing masing GA,SF dan SM. Sementara untuk kelima keluarga mereka yang juga menjalani rapid test yakni MZ, RA, ZS, AM,MI dan JA.

Jubir Satgas Covid-19 Simeulue, Ali Muhayatsah menjelaskan sesuai dengan protokol kesehatan maka ketiga santri dikembalikan ke pihak keluarga karena telah 10 hari diisolasi di rumah sakit.

Akan tetapi ketiga santri tersebut masih memiliki kewajiban yakni untuk melanjutkan karantina mandiri selama 4 hari lagi di rumah masing masing.

Saat jumpa pers, Bupati Simeulue Erli Hasim mengatakan pemerintah sangat serius menangani Covid-19. Dengan dinyatakan negatif covid-19 dari pemeriksaan maka berhak kembali ke rumah dan dilakukan rehabilitasi nama baik terhadap keluarga ketiga santri itu.

"Masyarakat diminta tidak mempermasalahkan serta mengucilkan keluarga yang baru saja dinyatakan negatif oleh pihak RSUD Simeulue,"kata Bupati Simeulue, Erli Hasim.

Lebih lanjut ia meminta masyarakat tidak memberikan penilaian sendiri karena semuanya telah selesai dari penilaian kesehatan yang telah menegaskan bahwa ketiga santri negatif covid-19.

Namun protokol kesehatan masih terus diberlakukan dalam batas waktu yang tidak ditentukan untuk mencegah penyebaran covid-19.

Hal lain disampaikan oleh Dirut RSUD Simeulue, drg. Farhan yang mengatakan sementara untuk kelima warga Simeulue yang telah dilakukan swab akan diketahui hasilnya 2 -3 hari kedepan menunggu hasil resmi dari Balitbangkes Aceh. I al ashab |

Sponsored:
Loading...
Loading...