Breaking News

Bupati Akmal Ajak Para Petani Sawit Bayar Zakat

Bupati Akmal Ajak Para Petani Sawit Bayar Zakat
Bupati Akmal Ibrahim, Kamis (21/10/2021).I Foto Mustafaruddin I

Blangpidie, BERITAMERDEKA.net - Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim mengajak seluruh petani sawit di kabupaten, itu untuk membayar zakat kepada fakir miksin dari penghasilan produksi Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit.

"Saya berharap para pemilik kebun sawit, agar tidak lupa mengeluarkan zakat, bersedekah dan santuni anak yatim dari hasil sawit itu, agar kita semua tidak termasuk orang-orang yang mendustai agama,” kata Akmal, Kamis (21/10/2021).

Ia mengatakan, selama hidup, baru kali ini harga TBS Sawit di Abdya mencapai Rp2.400/kg. Jadi, masyarakat petani tentu harus bersyukur dengan kemakmuran itu, sehingga tidak lupa membayar zakat dari penghasilan kebun.

Apalagi, tambah Bupati, rakyat Abdya memiliki kebun sawit luasnya mencapai 20 ribu hektare terbentang dari perbatasan Babahrot - Nagan Raya hingga Lama Muda, Kuala Batee dengan produksi TBS rata-rata 1.500 ton per hari. 

Ia mengakui di dalam ilmu fiqih, kelapa sawit memang tidak dikenakan zakat karena dikiaskan komoditi itu bukan termasuk makanan pokok. Namun, zakat penghasilan tetap wajib dikeluarkan dari TBS kelapa sawit yang dijual.

"Mudah bagi Allah mengambil kembali jika tidak bersyukur. Dulu masyarakat petani di wilayah Barat-Selatan Aceh, ini makmur dengan hasil komoditi buah Pala. Tapi saat Allah berkehendak waktu sekejap di ambilnya,” ujarnya.

Disamping mengajak petani sawit untuk mengeluarkan zakat, kepala daerah itu juga meminta masyarakat untuk terus berkerja, karena mencari nafkah untuk keluarga merupakan kewajiban yang sangat besar pahala-nya, tambahnya. |Mustafaruddin |

Editor:
Sponsored:
Loading...