Breaking News

Bupati Aceh Selatan, Hadiri Pelatihan Menyulap Eceng Gondok Jadi Pupuk Kompos

Bupati Aceh Selatan, Hadiri Pelatihan Menyulap Eceng Gondok Jadi Pupuk Kompos

Tapaktuan, BERITAMERDEKA.net- Pelatihan dan Pendampingan Pemanfaatan Eceng gondok (Eichornia crassipes) menjadi pupuk kompos untuk mengurangi pencemaran air sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Kuala Ba'u, Kluet Utara, Aceh Selatan, yang digelar Senin (31/5/2021).

Bupati Aceh Selatan sangat mendukung dan mengharapkan kerajinan tanaman liar eceng gondok agar terus diperluas, serta hasil dari kerajinan eceng gondok dimanfaatkan oleh masyarakat.

Pada kegiatan ini, Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran mencoba pengolahan eceng gondok menjadi pupuk kompos dan ikut serta dalam kegiatan bakti sosial yang didampingi unsur Forkopimda, Muspika Kluet Utara, Direktur Politeknik Aceh Selatan, dan para Keuchik.

Bupati Aceh Selatan menyampaikan, saat ini ketersediaan pupuk non organik sangat langka, semoga langkah ini dapat menjawab dan menjadi solusi serta dapat dimanfaatkan dengan baik.

"Tentu saja ini menjadi nilai ekonomi yang baik bagi masyarakat, disisi yang lain dengan kegiatan ini tentu saja sungai ini dapat difungsikan kembali sebagai tempat mata pencaharian masyarakat," katanya.

Sementara itu, Camat Kluet Utara, Misbah mengatakan, Bakti Sosial (Bansos) ini berawal dari sebuah tantangan, bahwa lahan kuala atau pasi yg biasa digunakan untuk mata pencarian yaitu mencari udang dan ikan air tawar, sudah dipenuhi eceng gondok dan dapat mengancam mata pencarian penduduk.

Adapun Desa yang terdampak eceng gondok, ini ada empat desa yakni, Desa Pasi Kuala Ba'u, Desa Suak Geringging, Desa Kedei Padang, dan Desa Simpang 3.

Hal ini sangat berpengaruh pada mata pencarian masyarakat, karena rata-rata profesi masyarakat disini nelayan, mereka menggantungkan hidup disungai dan dilaut, jika sungai ini terganggu, otomatis mata pencarian mereka juga terganggu, ujarnya.

Saat ini BUMDES -Bersama Sepakat Mandiri Sejahtera Kecamatan Kluet Utara, akan bekerjasama dengan Politeknik Aceh Selatan (Poltas) dengan cara normalisasi lahan, juga mengolah eceng gondok menjadi pupuk organik.|yati|

Editor:
Sponsored:
Loading...