Breaking News

Bupati Abdya Dukung Dinas Syariat Islam Soal Program Klinik Alfatihah

Bupati Abdya Dukung Dinas Syariat Islam Soal Program Klinik Alfatihah

Blangpidie, BERITAMERDEKA.net - Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim, SH., meminta kepada para peserta pelatihan Tahsin, agar terus belajar untuk memperbaiki dan memperindah bacaan Alquran, terutama bagi mereka yang sering menjadi imam salat berjamaah.

Tahsin ini bertujuan untuk memperbaiki dan memperindah bacaan ayat-ayat suci Alquran. Ini merupakan kesempatan untuk belajar dan terus belajar, agar bacaan Alquran menjadi benar dan baik .

"Yang ingin saya sampaikan, orang yang berhenti belajar termasuk golongan orang -orang yang sombong dan itu dekat dengan setan. Tetap harus rendah hati dan teruslah belajar, demi kelancaran bacaan Alquran kita,” terang Akmal saat membuka kegiatan pelatihan Tahsin, di Mesjid Agung Bait Ghafur, Blangpidie, Selasa (21/09/2021).

Pelatihan Tahsin dengan tema ‘Kita Tingkatkan Kualitas Kemahiran Membaca Alquran Dengan Baik dan Benar’.

Bupati Akmal mengajak memperbaiki bacaan surah Alfatihah, terutama bagi mereka yang sering menjadi imam sholat berjamaah. Menurutnya setiap makmum akan mendengar bacaan imam, pas atau tidak. Kalau tidak sesuai, pasti makmum tak mau mengikuti lagi, karena kewajiban imam harus menjaga makmumnya.

"Saya sudah perintahkan Kepala Dinas Syariat Islam, untuk membuka ‘klinik’ Alfatihah, agar yang ingin memperbaiki bacaan Alfatihah, bisa datang ke masjid ini, seraya memberikan dukungan atas program DSI soal membukakan Klinik Alfatihah bagi masyarakat Abdya," pungkas Bupati Akmal.

Sementara itu, Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah, Ubaidilah, S.Ag., dalam laporannya mengatakan, pelatihan ini diikuti 100 orang peserta mahasiswa dan para remaja, dari sembilan Kecamatan se-Abdya.

Kegiatan, ini katanya, akan berlangsung selama 10 hari ke depan, dengan metoda terbagi dalam lima kelompok, masing-masing kelompok sebanyak 20 orang.

Pelaksanaan Tahsin Alquran dibimbing oleh narasumber dari Provinsi Aceh, sebanyak 10 orang. Dimana, para narasumber merupakan lepasan atau alumni dari Timur Tengah.

Materi yang akan diberikan nanti diantaranya, maghrajul huruf, sifatul huruf dan hukum bacaan lainnya. “Insya Allah, usai pelatihan ini, bagi mereka yang meraih tiga terbaik akan diberikan penghargaan,” jelasnya.

Hadir di acara tersebut, Kajari Abdya Nilawati, SH. MH., Kapolres AKBP Muhammad Nasution SIK., Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Ahmad Hisom Baihaki, unsur MPU Abdya, mewakili unsur Forkopimkab lainnya.

Editor:
Sponsored:
Loading...