Breaking News

Pasca Deklarasi Kemerdekaan Papua Barat

Bintang Kejora Mulai Berkibar di Seluruh Dunia

Bintang Kejora Mulai Berkibar di Seluruh Dunia

BERITAMERDEKA.net - Bendera Bintang Kejora berkibar di seluruh dunia menyusul deklarasi kemerdekaan Papua Barat.

Papua Barat telah mendeklarasikan kemerdekaannya dari Indonesia pada Selasa, 1 Desember 2020. Bahkan Papua Barat telah mengangkat sosok Benny Wenda sebagai presiden sementara.

Setelah diangkat menjadi presiden sementara, Benny Wenda pun mengatakan pihakya akan segera melakukan langkah pemulian terhadap kedaulatan Papu Barat.

“Ini hari yang sangat penting bagi rakyat saya. Kami sekarang memulihkan kedaulatan kami dan pemerintah sementara kami di Papua Barat,” katanya kepada SBS News.
Pembentukan pemerintah sementara ini, kata Benny Wenda, artinya Papua tidak akan tunduk lagi pada pemerintah Republik Indonesia.

“Kami tidak mematuhi aturan dan hukum Indonesia yang diberlakukan pada kami,” ujarnya.
Dia juga meminta pemerintah Australia untuk mendukung upaya mereka.

“Papua Barat menghadapi krisis dan kami membutuhkan pemain besar seperti Australia [untuk mendukung kami]. Sangat penting bagi Australia untuk memainkan peran besar,” katanya.

Pemerintah sementara yang dideklarasikan sendiri bertujuan untuk memobilisasi rakyat Papua Barat untuk mencapai referendum kemerdekaan.

Setelah itu mereka akan mengambil kendali wilayah dan menyelenggarakan pemilihan demokratis, yang saat ini tidak mungkin dilakukan di bawah pemerintahan Indonesia.

Sementara itu, Pengacara Australia Jennifer Robinson, yang mendirikan Pengacara Internasional untuk Papua Barat, mengatakan deklarasi tersebut adalah awal dari jalan kemerdekaan Papua Barat.

“Tujuannya adalah mereka akan menjalankan kekuasaan untuk mengatur diri mereka sendiri dan mengatur diri mereka sendiri di Indonesia,” katanya kepada SBS News.

“Ini adalah awal dari apa yang saya pikir akan menjadi jalan mereka menuju kemerdekaan.”
Robinson juga mengatakan, langkah itu sepenuhnya berada dalam hak internasional ULMWP.

“Sudah umum di seluruh dunia bagi negara-negara untuk membentuk pemerintahan sementara, baik di bawah aturan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau sebagai bagian dari deklarasi kemerdekaan,” jelasnya.

“Apa yang mereka lakukan sepenuhnya sejalan dengan hak internasional mereka. Adalah benar dan tepat bahwa mereka mengambil langkah-langkah ini."

Menyusul deklarasi kemerdekaan Papua Barat, aku Twitter @FreeWestPapua mengklaim telah mendapatkan dukungan dari berbagai negara.
Akun Twitter tersebut pun mengunggah sejumlah gambar dalam serangkaian cuitan yang menunjukkan bendera Bintang Kejora berkibar di seluruh dunia.

Dalam sebuah unggahan, akun Twitter @FreeWestPapuan mengunggah sebuah gambar yang menunjukkan seorang wanita membentangkan bendera Bintang Kejora.
Dalam cuitan tersebut akun Free West Papua mengatakan bahwa wanita itu berasal dari Newcastle, Inggris.

"Solidaritas dengan orang-orang Papua Barat yang terlantar & tertindas di seluruh dunia & di Papua Barat yang diduduki, jauh-jauh dari Newcastle, Inggris Raya, hentikan genosida orang Papua Barat di Indonesia, Papua Barat harus bebas!" cuitnya.

#FreeWestPapua support from #Newcastle!
"Solidarity with displaced & oppressed West Papuans all around the world & in occupied West Papua, all the way from Newcastle, United Kingdom, stop the Indonesian genocide of West Papuans , West Papua must be free!" #GlobalFlagRaising pic.twitter.com/eQve89FTWZ— Free West Papua (@FreeWestPapua) December 2, 2020

Tidak hanya itu, Free West Papua juga mengklaim mendapatkan dukungan dari orang Australia yang mereka tunjukkan dengan gambar dua orang yang membentangkan bendera Bintang Kejora.
"Bendera #WestPapuan dikibarkan di setiap benua di Bumi sebagai solidaritas dengan perjuangan Papua Barat untuk menentukan nasib sendiri dan kemerdekaan," cuitnya lagi.

Support from #Devonport in #Tasmania, #Australia! #FreeWestPapua #PapuanLivesMatter
The #WestPapuan flag is being raised on every continent on Earth in solidarity with the West Papuan struggle for self-determination and independence.

#GlobalFlagRaising pic.twitter.com/NrQMjE7oFN— Free West Papua (@FreeWestPapua) December 2, 2020

Tidak hanya itu, Free West Papuan juga mengklaim telah mendapatkan dukungan dari orang Jerman, Palestina, dan Vanuatu.(*)

Sumber:Kabarlumajang
Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...