Breaking News

BIN Aceh Tengah Vaksinasi Masyarakat Pedalaman Silih Nara

BIN Aceh Tengah Vaksinasi Masyarakat Pedalaman Silih Nara

Takengon, BERITAMERDEKA.net - Badan Intelijen Negara (BIN) bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah, melaksanakan vaksinasi massal, door to door, Rabu kemarin di Desa Genting Gerbang, Kecamatan Silih Nara, kepada 200 orang warga sebagai peserta untuk tahap awal vaksinasi dosis satu.

Kegiatan vaksinasi turut didampingi jajaran Koramil 08 Silih Nara dan Polsek Silih Nara, Babinsa Serda Budiman dan Bhabinkamtibmas Aipda Mahyudinsyah, serta jajaran Puskesmas di kecamatan setempat.

Vaksinasi door to door tahap 1 dan 2 oleh BIN wilayah Aceh Tengah, direncanakan dilakukan terhadap 1.200 orang yang belum vaksin, meliputi wilayah pedalaman dan terpencil di Kabupaten Aceh Tengah.

Reje Desa Genting Gerbang, Zainudin Sayang (63), menerangkan data vaksinasi terhadap masyarakat di desanya baru mencapai sedikitnya 60 persen dari 480 KK penduduk yang sudah vaksinasi.

Pajri Alpi (31) salah seorang masyarakat setempat, kepada media menyatakan ikut vaksinasi demi menjaga imun tubuh, vaksin juga disebutkanya sebagai program pemerintah dan dia mengungkapkan ikut mensukseskan program ini.

Sementara itu, Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) Aceh, Brigjen TNI M. Abduh Ras, SE M.Tr (HAN), melalui Posda Aceh Tengah, Novri, disela sela kegiatan menyampaikan, target vaksinasi masyarakat Provinsi Aceh wilayah Kabupaten Aceh Tengah, ditargetkan vaksinasi masyarakat sebanyak 70 persen dari total sasaran 163.041 jumlah penduduk di daerah setempat.

Hasil capaian vaksinasi dosis ke satu, tercatat sebanyak 75,058 atau 46 persen dan capaian dosis kedua sebanyak 47.946 atau 29,4 persen.

“Alhamdulillah pelaksanaan vaksin hari ini, mencapai target. Namun dalam pelaksanaannya masih terkendala dengan pasokan vaksin di Puskesmas Silih Nara. Untuk selanjutnya kami akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Aceh Tengah, termasuk pelaksanaan vaksinasi massal door to door di kampung kampung lainnya di wilayah Aceh Tengah,” pungkas Novri.

Ditambahkannya, jumlah total peserta vaksinasi hari itu diketahui sebanyak 201 orang, dengan realisasi 184 orang berhasil divaksin. Sisanya sebanyak 18 orang mengalami penundaan setelah di Skrining kesehatannya, dengan catatan 15 orang diantaranya mengalami hypertensi dan tiga orang lainya menderita diabetes melitus.

Masyarakat di Desa Genting Gerbang terlihat sangat antusias untuk mendapatkan vaksin, bahkan sekitar 50 orang masyarakat sekitar yang telah datang ke kantor desa, saat itu terpaksa kembali pulang diakibatkan vaksin untuk dosis pertama telah habis. |*|

Editor:
Sponsored:
Loading...