Breaking News

BI Aceh Targetkan 65.000 Qris tahun 2021

BI Aceh Targetkan 65.000 Qris tahun 2021
Direktur BI Aceh, saat diskusi dengan awak media mengupas soal ekonomi digital di Banda Aceh. (Foto Ist)

Banda Aceh, BERITAMERDEKA.net- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Aceh, menargetkan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) atau standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia alias pembayaran non tunai, sebanyak 65.000 merchant di Aceh, tahun 2021.

Hal ini disampaikan Kepala Bank Indonesia Aceh, Achris Sarwani, saat diskusi ringan dengan awak media di salah satu café di Kawasan Taman Sari, Kota Banda Aceh, Senin (05/04/2021) sekira pukul 17.00 WIB.

Dari jumlah yang ditargetkan, sudah terealisasi sebanyak 31.000 merchant yang telah bekerjasama dengan pihak Lembaga keuangan untuk memudahkan dalam melakukan transaksi di sejumlah tempat, seperti swalayan, toserba, café, warung kopi, juga butik-butik serta objek wisata yang tersebar di seluruh Aceh.

Direktur BI Aceh, Achris Sarwani

Ditambahkan Direktur BI Aceh, Bank Indonesia tidak bisa bekerja sendirian, “kami perlu semua elemen masyarakat untuk mendukung agar system keuangan digital ini dapat berjalan sesuai target.”

Lebih lanjut, Achris menyebutkan trend pembayaran non tunai semakin tinggi.  Gubernur BI menyampaikan hari ini bahwa 32 triliun transaksi menggunakan Qris, katanya.

Senada itu, Taufan, tim implementasi system pembayaran BI Aceh, mengungkapkan sosialisasi dilakukan sekali jalan, pertama dengan mengampanyekan transaksi non tunai. Satunya lagi, dengan menyiapkan merchant atau alat penerima pembayaran.

“Jadi siapapun yang akan melakukan transaksi non tunai, merchant nya pun ada dimana-mana, sehingga memudahkan semua pihak ketika bertransaksi,” ujarnya menambahkan keterangan kepala BI Aceh.

Medio April ini, sudah empat target komoditas yang disosialisasikan pihak BI, salah satunya para UMKM. Dicontohkannya, café yang ada di Lampuuk, dimana konsumen dapat bertansaksi non tunai di sana, ucapnya lagi. |DEC|

Editor:
Iklan BM Bank Aceh
Sponsored:
Loading...
Iklan BM DPRA
Sponsored:
Loading...