Breaking News

Bank Indonesia Terima Tukar Uang Rusak

Bank Indonesia Terima Tukar Uang Rusak

Sabang, BERITAMERDEKA.net - Saiful Rahman, Kasir - Pelaksana di KPw Bank Indonesia Provinsi Aceh, menyebutkan uang rusak dapat ditukarkan ke BI.

"Mau jumlahnya satu lembar atau banyak, silakan antarkan ke kantor. Kami akan terima dan akan di verifikasi seberapa persen kerusakannya," ujar Saiful Rahman, saat pelatihan jurnalisme tentang Ciri-ciri Keaslian Uang Rupiah (Cikur) di Sabang, Selasa (26/10/2021).

Kalau ada uang terbakar, usahakan uang tersebut dimasukkan dalam sebuah wadah dan dibawa ke Bank Indonesia di tukar senilai uang kertas itu, sebutnya.

Ditambahkannya, kerusakan yang masih diterima itu, sebesar 68 persen atau 2/3 bagian utuh lembaran uang kertas yang masih bisa di ganti. Bagaimana pun, ada surat edaran baku ketentuan menukar uang rusak tersebut.

Tak hanya menerima di kantor, bahkan pihak BI turun ke pelosok-pelosok daerah untuk menyisir uang rusak dan kemudian menukar di tempat  dengan nilai yang sama, katanya lagi.

Bukan hanya ke BI, namun ke bank - bank lain nya bisa juga disetorkan, dan nantinya mereka  yang akan menyerahkan ke Bank Indonesia.

Diakuinya selama pandemi, menukar uang rusak belum diaktifkan, karena pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat juga khawatir terkontaminasi Covid-19.

Selain uang rusak, pihak BI berharap, siapapun yang menemukan uang palsu, agar melaporkan ke pihak terkait atau ke kantor Perwakilan BI Aceh.

Masyarakat yang melaporkan atau memberitahukan tentang hal itu, tidak akan kena delik hukum, karena pihaknya hanya ingin mengetahui peta lokasi penyebaran di daerah mana yang banyak beredar uang ilegal itu, tuturnya. |red|

Editor:
Sponsored:
Loading...