Breaking News

Bank Indonesia Siapkan Rp1,6 T untuk Lebaran 2021

Bank Indonesia Siapkan Rp1,6 T untuk Lebaran 2021
foto Ilustrasi

Banda Aceh, BERITAMERDEKA.net – Kebutuhan untuk uang tunai saat lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah atau tahun 2021 di Aceh, Bank Indonesia Perwakilan Aceh, menyiapkan Rp1,6 Triliun. “Puncaknya jumat kemarin, sejumlah bank mengambil beberapa uang pecahan kebutuhan lebaran ke BI,” kata KPW BI Aceh, Achris Sarwani, kepada BeM di Banda Aceh, Senin (03/05/2021) SORE.

Sebenarnya, aku Kepala BI Aceh, sebelum Ramadhan, pihaknya sudah menghitung dan memperkirakan kebutuhan untuk uang lebaran yang bakal di tukar nasabah atau masyarakat Aceh itu, sebesar Rp1,6 triliun. Jumlah ini, sesuai permintaan pihak bank yang ada di Aceh.

Achris Sarwani menyebutkan tidak menutup kemungkinan kebutuhan uang pecahan untuk berbagi di hari lebaran masih kurang dari jumlah yang telah disiapkan. Ia menyarankan, silakan masyarakat untuk mendatangi Bank Indonesia.

“Mana tahu, pihak perbankan nya telah mengalokasikan uang pecahan sesuai permintaan si A dan si B. Jadi, masyarakat bisa langsung menukarnya di BI,” tukasnya lagi.

Ditambahkannya, uang pecahan yang diminati itu, mulai dari nominal paling besar Rp100 ribu dan Rp50.000,-, hingga nominal terkecil dari Rp20.000,- Rp10.000,- Rp5.000,- hingga Rp2.000,-. “Tahun ini, lebih dominan dan diminati pecahan kecil, sepertinya trend nya menaik untuk lebaran,” ujar KPW BI Aceh.

Sesuai permintaan masyarakat terhadap Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) Rp75.000,- pada masa Ramadhan dan Idul Fitri ini, juga tinggi sebagaimana pecahan lainnya. Sampai dengan hari ini, persediaan UPK Rp75.000,- sebanyak 1,1 juta lembar.  Untuk UPK Rp75.000,- di BI Provinsi Aceh (Banda Aceh & Lhokseumawe) telah hampir 100% diserap oleh perbankan/masyarakat, katanya lagi.

Diakuinya dua tahun terakhir ini, pihak perbankan tidak membuka teler penukaran uang pecahan melalui kendaraan yang dilakukan di depan Barata samping Mesjid Raya, dikarenakan menjaga protokel Kesehatan dengan tidak membuat kegiatan keramaian. |dec|

Editor:
Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...