Breaking News

Bangga, Aceh Selatan Raih 2 Penghargaan di Anugerah Pesona Indonesia

Bangga, Aceh Selatan Raih 2 Penghargaan di Anugerah Pesona Indonesia
Bupati Aceh Selatan, menerima 2 penghargaan sekaligus di ajang API di NTT. (Foto Ist)

Tapaktuan, BERITAMERDEKA.net- Pagelaran malam Anugerah Pesona Indonesia (API) ke-5 Tahun 2020 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Aceh Selatan patut bangga dan bahagia, karena berhasil tampil sebagai juara dua kategori yang berbeda.

Aceh Selatan berhasil memenangkan Rencong Batu, sebagai juara I pada kategori cinderamata terpopuler dan mengalahkan Tenun Tanimbar dari Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Badak Kayu dari Kabupaten Pandeglang.

Selanjutnya Aceh Selatan juga meraih juara III Surfing Samadua, pada kategori Wisata Air Terpopuler mendampingi Island Hopping dari Kabupaten Flores Timur dan Bekarang dari Kabupaten Musi Banyuasin.

Demikian dikatakan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Deka Harwinta, M.I.Kom, kepada wartawan, Kamis (20/5/2021) malam.

Deka Harwinta menyampaikan bahwa Bupati  Aceh Selatan, Tgk. Amran yang didampingi Ketua TP PKK Aceh Selatan, Khailida, S.Pd.I., menerima penghargaan tersebut di Labuan Bajo, yang diserahkan Gubernur NTT, Viktor B. Laiskodat, kepada masing-masing pemenang.

Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan kerja keras dari semua pihak sehingga prestasi membanggakan, ini dapat diraih, terutama kepada seluruh masyarakat Aceh Selatan, yang telah memberikan dukungan tanpa henti.

Meskipun, ini adalah kali pertama Aceh Selatan, mengikuti event API, tetapi berhasil meloloskan 2 kategori sebagai 3 besar terbaik nasional.

Seperti diketahui, Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang telah diselenggarakan sejak tahun 2016, sebagai ajang nasional bergengsi dan terbesar dalam upaya memberikan apresiasi wisata di Indonesia.

Acara ini merupakan bentuk upaya membangkitkan apresiasi masyarakat khususnya Aceh Selatan, terhadap pariwisata Indonesia, serta mendorong peran serta berbagai pihak, baik masyarakat, pihak swasta, maupun pemerintah dalam mempromosikan wisata dan mengembangkan ekonomi kreatif di masing-masing daerah, ujarnya.

Sebelumnya, acara ini sempat ditunda, menurut keterangan penyelenggaraan Malam API 2020 diagendakan pada tanggal 9 April 2021 lalu, Namun, bencana alam nasional berupa banjir bandang dan tanah longsor akibat siklon tropis seroja yang melanda NTT mengakibatkan acara ini ditunda menjadi tanggal 20 Mei 2021.

Tepat sehari sebelum menerima penghargaan API 2020, Bupati Aceh Selatan, melaksanakan pertemuan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, di Jakarta.

"Ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk optimalisasi pengembangan sektor pariwisata Aceh Selatan ke depan," katanya lagi. |yati|

Editor:
Sponsored:
Loading...