Breaking News

Kadis Kominfosan Aceh di Kota Langsa

Badan Publik Bertanggunjawab Sampaikan Informasi kepada Publik

Badan Publik Bertanggunjawab Sampaikan Informasi kepada Publik

Langsa, BERITAMERDEKA.net – Semua instansi publik atau  badan publik harus bertanggung jawab penuh soal tersampaikannya informasi kepada publik, Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (Kominfosan) Aceh, memastikan  hal tersebut terselenggara secara baik.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kominfosan Aceh, Marwan Nusuf, HSc, MA., saat menghadiri pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angjatan 12 - 13 di Langsa, Senin (29/03/2021) pagi di Hotel Harmoni.

Marwan menjelaskan, informasi publik adalah informasi yang harus disediakan untuk publik, apapun badan instansinya mulai dari instansi pemerintahan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), hingga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Badan publik adalah instansi yang menerima anggaran dari pemerintahan atau dari negara.

“Informasi ada juga yang harus dikecualikan, seperti  identitas pribadi seseorang,  Nomor Induk Kependudukan (NIK), atau hal yang menyangkut keamanan negara, dan informasi yang menggangu proses hukum,” tutur Marwan.

Lebih Lanjut Marwan menjelaskan, jika ada badan publik yang menolak memberikan informasi padahal bukan yang dikecualikan, instansi tersebut bisa di jerat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang informasi publik, serta ada peraturan gubernur yang mengaturnya, pengakses informasi bisa mengajukan gugatan ke pengadilan.

“Jika tak kunjung di gubris, pemohon informasi bisa melalanjutkan ke Komisi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), ” jelasnya.

Selanjutnya, kata Marwan,  Kominfo akan membawa aduan tersebut, untuk menilai apakah informasinya layak diberikan kepada pemohon atau tidak.

“Kemudian terlapor bisa mengajukan banding ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), hingga ke Mahakamah Agung,” tutup Marwan. (Nisa)

Editor:
Iklan BM Bank Aceh
Sponsored:
Loading...
Iklan BM DPRA
Sponsored:
Loading...