Breaking News

Australia Temukan Cokelat Ratu Inggris Berusia Ratusan Tahun 

Australia Temukan Cokelat Ratu Inggris Berusia Ratusan Tahun 

BERITAMERDEKA.net - Para konservator di Perpustakaan Nasional Australia telah menemukan salah satu kotak cokelat tertua di dunia, yang berasal dari 120 tahun yang lalu saat Perang Boer.

Kaleng suvenir berisi cokelat itu ditemukan di bagian bawah kotak berisi kertas-kertas milik penyair Australia Andrew Barton "Banjo" Paterson.

Hebatnya, cokelat tersebut tidak rusak setelah lebih dari satu abad, tetapi juga masih terlihat hampir cukup baik untuk dimakan.

 Enam batang cokelat tersebut dikemas dalam jerami dan kertas alumunium.

Penemuan itu mengejutkan staf di laboratorium konservasi Perpustakaan Nasional Australia, yang tidak mengira akan menemukan cokelat milik Banjo yang tersembunyi di antara puisi, buku harian, dan kliping koran yang berharga dalam karir hidupnya.

Istana Buckingham memesan cokelat yang dibayar dari kocek pribadi Ratu Victoria. (ABC News: Nick Haggarty)
Direktur Jenderal NLA Marie-Louise Ayres mengatakan, perpustakaan dengan mudah mengumpulkan A$150.000, atau lebih dari Rp1.5 miliar untuk katalog dan pelestarian koleksi milik Banjo.

"Setiap tahun kami meminta setiap anggota masyarakat apakah mereka ingin berkontribusi pada sebuah proyek," kata Dr Ayres.

"Makalah Banjo Paterson adalah koleksi ikonik, kami yakin ketika kami pergi ke publik dan meminta bantuan, mereka akan memberikannya dan mereka sudah melakukannya."

Harta karun lain yang dilestarikan dari koleksi Banjo Paterson termasuk versi awal "Waltzing Matilda" dan potret gelatin perak besar yang kemudian direproduksi pada uang kertas Australia pecahan $10.

Sayangnya, foto itu robek dan rusak karena air di rumah keluarga Banjo dan tentu saja kondisinya lebih buruk daripada cokelat Banjo.

Koleksi Banjo Paterson akan tersedia untuk dilihat secara online setelah proyek selesai.

Untuk saat ini, cokelat akan disimpan di Perpustakaan Nasional Australia, tersimpan dengan aman di tempat yang sejuk dan kering.(*)

Sumber:detik.com
Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...