Breaking News

Atasi Krisis Pangan Akibat Covid, Ribuan Lahan Tidur di Simeulue Digarap

Atasi Krisis Pangan Akibat Covid, Ribuan Lahan Tidur di Simeulue Digarap

Simeulue, BERITAMERDEKA.net - Mengantisipasi ancaman krisis pangan akibat wabah covid-19, Pemerintah Kabupaten Simeulue menggalakkan program pengolahan lahan sawah.

Launching pengolahan lahan sawah digelar Pemda Simeulue bersama Kodim 0115/ Simeulue di Desa Nasreuhe, Kecamatan Salang, Sabtu, 25 Juli 2020.

Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Simeulue, Samsuar, SP mengatakan, untuk di Kecamatan Salang ada 1.000 hektar lahan sawah yang akan diolah.

Pasalnya, selama ini di Kecamatan Salang masih banyak lahan tidur terutama lahan persawahan yang tidak digarap warga setempat.

Program pengolahan lahan sawah ini menggunakan dana dari Pemerintah Aceh bekerjasama dengan Kodam Iskandar Muda.

Di Simeulue untuk pengolahan lahan sawah langsung diakomodir oleh Kodim 0115 Simeulue.

Dikatakan Samsuar di Salang ada 1.556 petani yang akan diterjunkan untuk menggarap lahan persawahan.

Untuk di Salang akan dicoba penanaman padi dengan teknik Tabela (Tanam Tebar Langsung), sebab selama ini di Simeulue belum ada yang melakukan teknik penanaman tersebut.

Kemudian Bupati Simeulue, Erli Hasim mengatakan untuk pengolahan lahan sawah yang mencapai seribuan hektar dari pihak pemerintah menyediakan mulai dari alat sistem pertanian, bibit serta pupuk diberikan secara gratis kepada petani.

Sebab ada 15 unit jonder yang diberikan Pemerintah Aceh kepada petani di Simeulue, selain itu masih ada alat sistem pertanian lainnya.

Dirinya meminta masyarakat untuk tidak takut turun ke sawah sebab semua fasilitas telah disediakan oleh pemerintah.

Sebab kebutuhan pangan dikatakan bupati merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang harus dipenuhi oleh pemerintah.

"Tolong lahan ini dikelola dengan baik agar lahan tidur bisa menghasilkan uang untuk tetap berputar di Simeulue,"pesan Erli Hasim I al ashab I

Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...