Breaking News

Asmara Subuh di Bulan Ramadhan, Tradisi Lawas Para Remaja

Asmara Subuh di Bulan Ramadhan, Tradisi Lawas Para Remaja
Asmara Subuh tradisi lawas yang masih dilakoni para remaja saat ini. (Foto Yati)

Tapaktuan, BERITAMERDEKA.net- Asmara Subuh, begitulah sebutan jalan-jalan pagi yang dilakukan jamaah usai salat Subuh selama bulan Ramadan. Begitu juga di Ibukota Aceh Selatan, Tapaktuan. Jalan kaki dengan berkeliling ke sejumlah lokasi ini kerap dilakukan oleh pemuda-pemudi yang tinggal di sejumlah kawasan Tapaktuan dan sekitarnya.

Memasuki hari pertama puasa, asmara Subuh sudah dilakukan warga usai shalat subuh berjamaah di Mesjid. Warga begitu antusias berjalan kaki atau menggunakan kendaraan bersama teman-temannya, yang terlihat di hari Selasa (13/4/2021) subuh.

Amatan Beritamerdeka.net, subuh tadi, biasanya sejumlah muda-mudi mulai berkumpul dengan teman-temannya. Ada juga orang dewasa maupun anak-anak Bersama keluarga yang tak ingin melewatkan tradisi 'Asmara Subuh' ini.

Mereka yang berkumpul lalu memilih untuk jalan santai, bersepeda dan berkonvoi dengan sepeda motor. Ada juga yang bepergian dengan mobil.

Pada umumnya, tujuan mereka adalah berkeliling Kota Tapaktuan yang dijuluki sebagai Kota Naga, ada pula yang nongkrong di pinggir pantai (Kota Tapaktuan terletak di bibir pantai-red), lalu memarkirkan sepeda motornya dan duduk di atas kendaraannya menikmati pemandangan deburan ombak, laut dan langitnya.

Rehan warga Tapaktuan menyebut,  “ini sudah menjadi tradisi lama setiap bulan Ramadhan, pulang salat orang jalan-jalan dulu, tidak langsung pulang kerumah,” sebutnya. |yati|

Editor:
Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...