Breaking News

Arung Jeram dan Air Terjun Surga Tersembunyi di Ujung  Bener Meriah

Arung Jeram dan Air Terjun Surga Tersembunyi di Ujung  Bener Meriah

Di pedalaman Bener Meriah yang mungkin masih 'perawan' dari pengunjung, terdapat sungai yang arusnya lumayan deras dan sangat cocok untuk menguji adrenalin penyuka tantangan arung jeram. Tak hanya itu, masih di kawasan yang sama, juga ada air terjun yang tidak seberapa tinggi. Seolah surga tersembunyi di ujung Bener Meriah ini, perlu dicoba dan nikmati.

Bener Meriah, BERITAMERDEKA.net- Bener Meriah adalah salah satu kabupaten yang terkenal dengan kota seribu keindahan dengan pemandangan pegunungan yang menawan, hawa yang sejuk, hamparan perkebunan plus jajaran tanaman kopi disana-sini.

Selain suguhan wisata pegunungan, Bener Meriah dengan Ibukotanya Simpang Tiga Redelong ini,  juga memiliki destinasi  sungai yang cukup menjanjikan sekaligus memanjakan mata pengunjungnya. Ya...ada wisata sungai yang menjadi ikon baru Bener Meriah, yang terletak di pelosok kota penghasil sayur-mayur dan buah-buahan ini, tepatnya di Desa Tembolon, Kecamatan Syiah Utama.

Menuju Kampung Tembolon, pelancong harus melalui Desa Belang Jorong, Kecamatan Bandar, lalu, jalan menuju Kampung Kute Mangku. Dan menuju lokasi arung jeram ini, pengunjung harus menempuh 30 kilometer dari Ibu Kota Kecamatan Syiah Utama, namun jarak yang lumayan menguras bensin ini, akan terbayar dengan keindahan alam yang dimiliki Kampung Tembolon.

Sekali lagi, pengunjung tidak perlu khawatir dengan jarak yang jauh, karena perjalanan tidak akan membosankan, di sepanjang jalan bakal menikmati suguhan pemandangan pegunungan dengan hutan nya yang masih asri, jalan yang sudah di aspal juga salah satu alasan, penikmat wisata alam wajib mengunjungi Desa Tembolon .

Pelancong bisa menikmati wisata sungai yang cocok untuk menantang adrenalin dengan cara mengarungi sungai dengan bantuan tim arung jeram professional. Disekitaran sungai juga ada lokasi yang datar yang menjadi tempat wisata keluarga, atau mungkin kemping, dimana lokasi luas dan bersih, cocok untuk referesing dari bisingnya perkotaan.

Selain sungai juga terdapat air terjun, dinamai Air Terjun Penawar oleh masyarakat setempat. Airnya nya yang dingin dan jernih, mampu memanjakan tubuh siapapun yang ingin berendam. Air terjunnya tidak terlalu tinggi dan tidak dalam, cukup aman untuk sekedar membasuh tubuh dan mengajak anak-anak bermain air.

Pemandangan yang indah ini, tak heran, wartawan Bener Meriah pun memilih desa tersebut, sebagai tempat merayakan Hari Pers Nasional (HPN), akhir pekan lalu.

Tembolon layak dipromosikan, kata Roma, "tempat ini harus diketahui oleh orang banyak, baik lokal maupun nusantara. Kita tarik wisatawan untuk datang ke sini, dan ini tugas kita mempromosikannya".

Senada itu, Una juga memberi komentar soal sungai dan air terjun di Tembolon, katanya, sungai ini bisa menjadi objek wisata yang aman untuk arung jeram pemula. “Pak Darwis, di sini harus dibentuk dan diberi pelatihan supaya mengerti cara mengelola wisata yang ada,” pintanya.

Masyarakat Tembolon juga ramah,  mereka sudah tidak didominasi oleh petani kopi, dan masyarakat di sini lebih banyak menanam tanaman seperti, kelapa, pinang, kemiri, durian, dan sebagian lagi bertani padi.

Saat ini, wisata di Kampung Tembolon sudah lumayan dikenal oleh wisatawan daerah maupun luar daerah. Tentu, bagi yang sudah pernah menjejakkan kakinya ke dua destinasi alam di Desa Tembolon, tidak bakal memungkiri indahnya surga tersembunyi di ujung Bener Meriah ini. | Nisa |

Editor:
Iklan BM Bank Aceh
Sponsored:
Loading...
Iklan BM DPRA
Sponsored:
Loading...