Breaking News

Bank Aceh

APBK-P 2020 Lamban Dicairkan, Ini Penjelasan Kepala BPKD Aceh Selatan

APBK-P 2020 Lamban Dicairkan, Ini Penjelasan Kepala BPKD Aceh Selatan

Tapaktuan, BERITAMERDEKA.net-Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Aceh Selatan dinilai lamban dalam mencairkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten Perubahan (APBK-P) Tahun 2020.

Sejumlah kalangan termasuk Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) menilai dan buktinya, APBK-P tahun 2020 sebesar Rp.1,3 Triliun lebih yang sudah disahkan oleh DPRK Aceh Selatan pada tanggal 24 September 2020 lalu dan hingga sekarang belum teralisasi juga.

"Keterlambatan pencairan APBK-P 2020 ini telah menimbulkan kendala bagi kita. Apalagi ada program yang mendesak sulit kita jalankan karena tidak ada anggaran," ungkap sejumlah Kepala SKPK yang enggan disebut namanya di Tapaktuan, Sabtu (7/11/2020).

Pemotongan 60 persen untuk Covid-19 ini juga keterbatasan anggaran karna menyebabkan sebagian kegiatan kantor terpaksa dipending, menurutnya.

"Meskipun kita paksakan melakukan kegiatan tidak tahu kemana nanti kita ambil anggarannya, sedangkan APBK-P 2020 ini saja belum cair - cair," ungkapnya

Wakil Ketua I DPRK Aceh Selatan, Teuku Bustami SE dalam menanggapi hal ini mengakui keterlambatan pencairan APBK-P 2020, sedangkan pihaknya sudah lama mengsahkannya.

"Kalau penilaian kita, pencairan APBK-P memang terlambat tetapi kita tidak tahu penyebabnya," ucapnya.

Kepala BPKD Aceh Selatan, Samsul Bahri SH ketika dikonfirmasi menjelaskan kenapa" karena sampai saat ini SKPK belum menyampaikan DPA perubahan ke BPKD untuk ditanda tangan Sekda,"pungkasnya.|yati|

Sponsored:
Loading...