Breaking News

Bank Aceh

Antisipasi Krisis Pangan, Ribuan Petani dan Pemkab Apel Turun ke Sawah Serentak

Antisipasi Krisis Pangan, Ribuan Petani dan Pemkab Apel Turun ke Sawah Serentak
Traktor sedang Bajak sawah

Simeulue,
BERITAMERDEKA.net - Mengantisipasi krisis pangan akibat pandemi global covid-19, Pemerintah Kabupaten Simeulue menggelar apel satuan tugas turun ke sawah secara serentak.

Apel yang dihadiri ribuan orang dari kalangan petani, TNI- Polri serta unsur Muspika dari sepuluh kecamatan di Simeulue, Selasa, 02 Juni 2020.

Kegiatan yang dipusatkan di lapangan bola kaki Desa Sibuluh, Kecamatan Simeulue Cut langung dipimpin Erli Hasyim, Bupati Simeulue di hadapan seluruh peserta apel mengatakan banyaknya lahan pertanian yang belum digarap oleh petani menjadi perhatian khusus untuk mengatasi ancaman krisis pangan akibat covid-19.

Selain penanaman padi, petani juga diharapkan bisa mengembangkan lahan tidur untuk menanam berbagai tanaman seperti singkong, cabai, buah buahan serta sayur mayur.

"Program Humasa Sebbel dan Khumaha Eba ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Simeulue saat menghadapi tantangan saat krisisnya pangan dunia pada massa Pandemi covid-19,"tegas Bupati Simeulue, Erli Hasyim.

Selain itu, Bupati Simeulue juga menyerukan, setelah pemerintah mencanangkan gagasan progam ini, mari kita lebih giat bercocok tanam, dan mampu bersaing harga dengan daerah lain dan daerah sendiri. Sehingga kabupaten Simeulue bisa memenuhi kebutuhan ekonomi daerah.

Bupati berharap dengan adanya program Humasa Sebel dan Khumaha Eba ini dapat meningkatkan sektor pertanian khususnya di Kabupaten Simeulue.

"Agar swasembada pangan kita di Simeulue dan ketersediaan pangan dalam jumlah yang cukup, dengan mutu bahan pangan yang baik, serta nilai gizi yang tinggi memiliki dampak luas pada perekonomian dan mutu sumber daya manusia,"ungkapnya.

Selain mengatasi ancaman krisis pangan global, ketergantungan beras masyarakat Simeulue juga masih tinggi terhadap impor beras dari daratan Aceh, seperti Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Barat Daya dan Pidie menjadi suplayer terbesar beras bagi puluhan ribu penduduk Pulau Simeulue.

Sementara kadis pertanian Syamsuar SP, menyampaikan, Insyaallah pada bulan Oktober 2020 akan panen perdana.

"Di bulan Oktober tahun 2020 akan datang, Insyaallah akan panen perdana Humasa Sebel dan Khumaha Eba ini," tutup Syamsuar. I al ashab I

Sponsored:
Loading...