Breaking News

Anggota DPR Simeulue Minta Pemda Buka Lahan Pertanian Lebih Luas

Anggota DPR Simeulue Minta Pemda Buka Lahan Pertanian Lebih Luas

Simeulue, BERITAMERDEKA.net - Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di sektor pertanian yang menetapkan kesepakatan antara Forkopimda Simeulue bersama seluruh kepala desa, kelompok tani yang menyepakati pada tahun 2021 ini mengenai program turun ke sawah dua kali dalam setahun.

Anggota DPRK Simeulue Rita Diana Ber'eh, yang juga Wakil Ketua Komisi B memberikan apresiasi atas kerja nyata serta keseriusan Pemerintah Daerah Kabupaten Simeulue melalui Dinas Pertanian dan Pangan pada gerakan turun ke sawah secara serentak

Hal tersebut disampaikan Rita Diana Ber'eh politikus dari Partai Hanura tersebut yang dimintai tanggapan atas pencetusan Rakerda perdana oleh Dinas Pertanian dan Pangan Simeulue, Rabu,13-01-2021.

Menurutnya, program Humasa Sebbel dan Khumaha Heba merupakan program yang luar biasa yang telah berhasil meningkatkan indeks dan produksi pertanian di wilayah Simeulue.

Dia juga menyampaikan lembaga legislatif DPRK Simeulue akan selalu mendukung program yang langsung dirasakan oleh masyarakat luas manfaat dari pertanian.


Sebab ia menilai keberhasilan
Pemerintah Kabupaten Simeulue pada pertanian bermanfaat terhadap peningkatan perekonomian petani terutama dalam pemenuhan kebutuhan beras bagi puluhan ribu masyarakat yang ada di Pulau Simeulue.

"Kita patut apresiasi keberhasilan Pemerintah kabupaten Simeulue dalam program Humasa Sebbell - Khumaha Heba, sebab program tersebut telah mampu membangkitkan perekonomian masyarakat khusus nya bagi para peta ni dalam menjawab kondisi Covid-19 yang melanda saat ini "kata Rita Diana Ber'eh.

Lebih lanjut politikus partai Hanura itu mengharapkan agar pertanian di Kabupaten Simeulue dapat terus  dilanjutkan dalam sekala yang lebih besar.

Hal ini sebab telah disepakati oleh berbagai kalangan di Simeulue pada Rakerda pertanian beberapa hari yang lalu.

Program Humaha Sebel - Khumaha Heba musim tanam serentak MT Rendeng 2021 Kabupaten simeulue pemerintah telah memprogramkan untuk tahun 2021 gerakan turun kesawah akan dilaksanakan  2 kali dalam 1 tahun.

Artinya begitu selesai panen secara langsung dilakukan percepatan tanam jangan dibiarkan mengnganggur lahan lahan persawahan agar  pencapaian surplus beras dapat terlaksana dengan baik.

Sebab saat ini kebutuhan beras di kabupaten simeulue masih didatangkan dari daratan Aceh.

"Kita juga berharap kepada pemerintah agar lahan lahan persawahan yang belum maksimal digarap bisa segara dimanfaatkan sehingga kedepan tidak ada lagi lahan persawahan di Simeulue yang terbengkalai,
"tambah Rita Diana ber'eh

Untuk diketahui program Humasa Sebbel/Khumaha Heba diluncurkan oleh Pemerintah kabupaten Simeulue pada Juni 2020 lalu, melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Simeulue, kegiatan ini juga melibatkan unsur Kodim 0115/ Simeulue, Polres Simeulue serta pihak kecamatan hingga ke tingkat desa.

Pada 02 Juni 2020 lalu, di Desa Sibuluh, Kecamatan Simeulue Cut, Pemerintah kabupaten Simeulue menggelar apel secara besar besaran melibatkan dari berbagai unsur yang tergabung dalam Satgas kegiatan pertanian tersebut. I al ashab I

Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...