Breaking News

Bank Aceh

Alumni Lemhanas Sayangkan Kebijakan Rektor UIN Terhadap Seleksi JPTP Prof Syahrizal

Alumni Lemhanas Sayangkan Kebijakan Rektor UIN Terhadap Seleksi JPTP Prof Syahrizal
DR Otto Syamsuddin Ishak

Banda Aceh, BERITAMERDEKA.net - Kini giliran Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas (IKAL) Komisariat Provinsi Aceh, yang memprotes surat Rektor UIN Ar-raniry (UINAR) karena membatalkan seleksi JPTP Prof Syahrizal.

Lewat sebuah rilis yang ditujukan ke sejumlah media, kepengurusan IKAL mengaku sangat menyayangkan kebijakan Rektur UINAR, Prof Warul Walidin yang menggagalkan proses seleksi JPTP atas nama Prof Syahrizal, merupakan Ketua IKAL Komisariat Provinsi Aceh.

Padahal sudah dinyatakan lulus tahapan administrasi oleh tim pansel Kementrian Agama RI.

Pers rilis yang ditandatangani Wakil Ketua IKAL, DR Otto Syamsuddin Ishak, bersama sekjennya, Yusri Kasem, SE,M.Si menitik beratkan pada empat poin penting.

Pertama, Aceh mempunyai peran penting dalam konstelasi nasional, dan juga kekhususan Aceh dalam koridor Syariat Islam.

Oleh karena itu, dibutuhkan leader yang memiliki wawasan nasional. Sehingga, kebijakan Prof Warul Walidin, selaku Rektor UINAR mencerminkan tidak memiliki wawasan nasional.

Kedua, kebijakan Rektor UINAR dapat dianggap mengintervensi indepedensi ketua panitia seleksi JPTP Kementrian Agama RI.

Ketiga, menurut IKAL, bahwa tim seleksi sudah bersikap tidak indepedensi, karena melakukan pembatalan, sementara sudah lulus tahapan administrasi.

Keempat, terkait persoalan itu, IKAL meminta kepada Menteri Agama RI, untuk dapat memberi perhatian khusus dalam menyesaikan masalah tersebut.

Merujuk pada persoalan tersebut, menurut IKAL, para pemimpin di Aceh memiliki wawasan nasional. Sehingga dalam melahirkan kebijakan, dapat menciptakan ketahanan nasional yang tangguh.

Sebelumnya, pihak rektorat UINAR menjelaskan, pembatalan kelulusan administrasi seleksi JPTP Prof Syahrizal, hanya untuk menjaga keutuhan kampus."Kita sangat butuh Prof Syahrizal di kampus," ungkap Warek 1, H Gunawan, MA, PhD. | bem |

Sponsored:
Loading...