Breaking News

Alhamdulillah, Santri Aceh Besar Raih Cumlaude di Al-Azhar Mesir

Alhamdulillah, Santri Aceh Besar Raih Cumlaude di Al-Azhar Mesir

Jantho, BERITAMERDEKA.net - Alhamdulillah, Filzah Jannati, salah seorang alumni Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kalee mampu meraih predikat cum laude/mumtaz di Universitas Islam Kairo, Mesir.

Disamping itu ia juga menyelesaikan (khatam) hafalan Al-Qur’an 30 juz, pada 11 November 2020 di Markas Kahilah li al-Dirasah al-Qur’aniyyah di kawasan Hayy Sabi’, Kairo, Mesir.

Santri asal Siron Aceh Besar ini meraih predikat cumlaude setelah melewati ujian dari 13 guru besar di bidang studi masing-masing pada ujian pertengahan dan akhir tahun jadwal perkuliahan.

Mata kuliah yang diikuti berupa Fiqih Syafi`i, Fiqih Kontemporer, Sejarah Fiqih, Ushul Fiqih, Tafsir Ahkam, Tauhid, Al-Qur’an, Ulumul Qur’an, Bahasa Arab, Metodelogi Fikih dan lainnya.

Hasil yang di peroleh oleh Filzah Jannati ini merupakan hal yang sangat langka, karna hanya sedikit dari mahasiswa Aceh yang menempuh pendidikan di Universitas Al Azhar yang mampu meraih predikat cum laude/mumtaz. Hal ini dikarenakan bahasa pengantar yang berbeda juga materi-materi kitab turas (karangan ulama besar terdahulu), dan juga harus melewati beberapa tahapan ujian tulis maupun lisan dan sebagainya.

Mahasiswi kelahiran Aceh Besar, Gampong Meunasah Baro/03 Februari 2000, merupakan mahasiswi Tingkat I Fakultas Syariah Islamiyah yang berpusat di Nasr City, Kota Kairo

Putri bungsu dari pasangan Tgk. Zainun Yusuf dan Cut Munira, S. Sos, ini dikenal sebagai pribadi yang cerdas dan tekun, kecerdasan dan ketekunannya dalam belajar menjadikannya sebagai pemegang juara umum bertahan dari kelas 1 Tsanawiyah hingga kelas 3 Aliyah di Dayah Darul Ihsan hingga terpilih menjadi wisudawan terbaik dengan nilai tertinggi.

Filzah Jannati juga pemegang beasiswa tahfiz luar negeri yang di berikan oleh pihak Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh Tahun 2019.

“Filzah bersyukur kepada Allah SWT dan berterima kasih kepada semua, terutama orang tua saya yang telah memotivasi penuh dan mendoakan saya, juga kepada guru-guru yang telah memberikan ilmu dan mengarahkan saya hingga titik ini.

"Ini belum ada apa-apanya, saya masih banyak kekurangan, mohon doanya semoga Allah selalu memberikan mudawamah dan istiqamah dalam belajar dan menghafal Al-Qur’an serta mengamalkannya,” ucapnya.

Rasa syukur dan bangga juga di sampaikan oleh Tgk. Muhammad Faisal, M. Ag, selaku pimpinan dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kalee.

Ia berharap kedepan banyak di antara pemuda pemudi Aceh yang berkiprah di ranah internasional yang mampu menjadi kader akademisi Agama Islam kedepan di Aceh, dan kembali menghidupkan Seuramoe Mekah Aceh.

Di samping itu, Ketua Yayasan Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kalee, Tgk. H. Musannif, SE, menyambut bahagia atas capaian Filzah.

Ini merupakan prestasi luar biasa yang harus diapresiasi oleh seluruh masyarakat Aceh, karena ia adalah putroe tanoh rencong yang mengharumkan nama Aceh di tanah Arab.

"Semoga Filzah selalu menjadi pribadi yang energik dan bermanfaat bagi orang lain,” ujarnya.| c-adi |

Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...