Breaking News

Aktifitas Galian C Ancam Pemukiman Penduduk Serbajadi

Aktifitas Galian C Ancam Pemukiman Penduduk Serbajadi

Serbajadi, BERITAMERDEKA.net -
Tiga Gampong terancam punah, akibat pengerukan material galian C yang dilakukan oleh pihak swasta di sungai Lokop. Gampong Sunti, Gampong Umah Taring dan Gampong Lokop yang berada di bantaran sungai tersebut.

Dikarenakan aktifitas tersebut, abrasi sungai Lokop makin melebar, bahkan perkebunan dan sawah warga dipinggir sungai sudah mulai terkikis dan amblas ke dasar sungai.

"Materialnya diambil, ditambah lagi dengan terjangan air sungai yang deras pada musim ini, abrasi tak dapat dihindari," tukas Ketua DPD II Partai Golkar Aceh Timur, Ir. Kasad pada awak media, Sabtu (14/11/2020).

Menurut mantan Anggota DPRK Aceh Timur itu, hal ini telah dilaporkan ke DPRK Aceh Timur dan pihak swasta diminta menghentikan kegiatan pengerukan galian C di sungai tersebut.

Selaku putra daerah dari Gampong Sunti, Kasad minta Pemkab Aceh Timur meninjau ulang dengan mencabut izin pihak swasta untuk melakukan aktifitas galian C.

"Kalau secara terus menerus dilakukan, maka tunggu saatnya Gampong Sunti dan Gampong Umah Taring hanyut menjadi dasar sungai," imbuh Kasad lagi.

Hal senada juga juga disampaikan oleh salah seorang tokoh masyarakat Lokop, Ibrahim Win Ariga mengatakan, bahwa galian C yang di sungai Lokop itu harus segera di hentikan kalau tidak bukan hanya Gampong Sunti dan Gampong Umah Taring terancam punah. Bahkan berikutnya Gampong Lokop akan punah karena abrasi semakin meluas pada sisi kiri dan kanan sungai.

Ibrahim berharap kepada pemkab Aceh timur Agar segera menyetop dan mencabut galian c tersebut demi menghindari terjadi musibah kepada masyarakat di Gampong.

"Pemkab Aceh Timur melalui instansi terkait diharapkan segera meninjau kelapangan dan mencari solusi yang tepat dan segera melakukan penanganan sebagaimana mustinya demi keselamatan masyarakat," tutup Ibrahim. | syafrul |

Sponsored:
Loading...
Loading...