Breaking News

Air Kelapa Muda Jadi Favorit Warga Abdya Berbuka Puasa

Air Kelapa Muda Jadi Favorit Warga Abdya Berbuka Puasa
Kelapa muda yang menjadi favorit berbuka puasa warga Abdya. (Foto Mustafarudin)

Blangpidie, BERITAMERDEKA.net - Air kelapa muda sudah menjadi minuman favorit berbuka puasa bagi masyarakat Aceh, khususnya warga berjulukan Bumoe Breuh Sigupai itu.

Tak heran jika pedagang yang menjual kelapa muda ada di berbagai sudut wilayah pada bulan Ramadan.

Karena air kelapa merupakan salah satu minuman yang sangat diminati di Abdya. Selain rasanya yang segar dan manis, ternyata buah kelapa muda ini juga menyimpan segudang manfaat yang penting bagi tubuh manusia.

Manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh memang banyak sekali, tapi pada umumnya orang hanya mengetahui air kelapa bermanfaat untuk mencegah dehidrasi saja.

Air kelapa muda dipercaya sebagai minuman elektrolit yang baik sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang selama puasa. Karena air kelapa kaya akan kandungan natrium, kalsium, kalium, dan magnesium. Dan itulah alasannya mengapa air kelapa sangat baik diminum saat berbuka puasa.

Sehingga tak heran banyak pedagang kelapa muda muncul jelang bulan Ramadan, karena banyak warga yang membeli kelapa muda sebagai minuman berbuka puasa, apalagi cuaca selama bulan puasa sangat panas sehingga kelapa muda menjadi alternatif minuman berbuka.

"Setiap bulan puasa, saya selalu membeli air kelapa muda sebagai minuman andalan untuk berbuka puasa,” kata Evi, seorang ibu rumah tangga di Blangpidie, Jum'at  (16/4/2021).

Minum air kelapa muda, kata Evi, juga dipercaya dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga setelah berbuka puasa tubuh akan kembali segar dan bugar.

Apalagi, lanjut dia, harga satu buah kelapa muda tidak terlalu mahal, sehingga cocok untuk jadi minuman berbuka puasa bersama keluarga.

Selain itu, sambung Evi, minuman kelapa muda memiliki segudang manfaat yang penting untuk tubuh manusia, salah satunya dapat menetralisir racun makanan yang ada dalam tubuh.

"Meningkatnya permintaan buah kelapa muda di Abdya dikarenakan air kelapa menjadi salah satu minuman yang paling disukai warga Abdya ,” kata Habibi , seorang pedagang kelapa muda musiman di Abdya .

Dijelaskan, hampir setiap hari daganganya (kelapa muda) habis terjual. Hal itu dikarenakan cuaca yang cukup panas dan minuman tersebut  menjadi incaran para  komsumen.

Setiap hari, kata dia, dirinya mampu menjual air kelapa muda sampai 60 hingga 100 buah per harinya. “Padahal cukup banyak pedagang kelapa muda di seputaran ibu kota Blangpidie itu,” paparnya.

Ada dua jenis kelapa yang dijual, yakni kelapa muda biasa harganya Rp5.000 tapi kalau pakai sirup harganya Rp 7.000 per buah,  ucapnya.

Editor:
Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...