Breaking News

Adnan Ganto Tutup Usia pada Umur 74 Tahun

Adnan Ganto Tutup Usia pada Umur 74 Tahun

BERITAMERDEKA.net- Innalilihahi wainnailaihi rajiun, telah meninggal dunia Dr. Hc. Adnan Ganto bin Hasan Basri Ganto, tokoh Aceh seorang bankir dunia, di RSCM Jakarta, Selasa (23/03/2021) pukul 11:37 Wib.

Adnan Ganto lahir di desa terpencil, Desa Pulo Rayeuk, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, 74 tahun silam, dan terlahir di keluarga sederhana dan berhasil menjadi bankir dunia.

Tak berselang lama setelah meninggal beberapa tokoh besar dan ulama. Kini, masyarakat Aceh, kembali kehilangan tokoh berpengaruh di tingkat Nasional. Adnan Ganto diberitakan tutup usia pada umur 74 tahun, dan beritanya tersebar luas di media-media sosial.

Diketahui, dua tahun lalu Adnan sempat operasi saraf di rumah sakit Mouth Elizabeth Singapura, dan melanjutkan kontrol secara berulang.

Adnan Ganto adalah  orang Asia pertama yang berhasil menjabat posisi strategis di sebuah Bank Inggris yaitu Morgan Bank Ltd. Di Bank Inggris tersebut ia bekerja selama 23 tahun. Lalu pada tahun 1987, Adnan diangkat menjadi Director Investement Banking di Singapura. 

Adnan Ganto telah berkarier selama 37 tahun di Bank Asing. Ia pernah ditugaskan di Amsterdam, Hong Kong, Singapore, London, Zurich hingga New York. Di saat orang-orang Aceh masih berjuang di masa-masa konflik, Adnan Ganto justru bisa beprestasi di tingkat dunia. Selain berprestasi di tingkat dunia, Adnan Ganto juga berkontribusi nyata untuk Indonesia.

Semenjak tahun 1991 hingga sekarang, Adnan Ganto adalah penasehat Menteri Pertahanan Republik Indonesia. Sudah tujuh Menteri Pertahanan yang menjabat, namun posisinya sebagai penasehat tetap dipertahankan.

Meskipun telah sukses di dunia internasional, Adnan Ganto tetap tak lupa dengan tanah kelahirannya, yaitu Aceh. Dialah sosok yang paling berperan saat mengubah status Bank Pembangunan Daerah (BPD) Aceh menjadi Bank Aceh Syariah. Proses konversi dari konvensional ke Syariah ini merupakan prestasi Adnan yang layak diapresiasi.

Hingga saat ini belum ada informasi dimana sosok penasehat ekonomi Pemeritahan RI ini akan dikebumikan. |*/Nisa|

Editor:
Iklan BM Bank Aceh
Sponsored:
Loading...
Iklan BM DPRA
Sponsored:
Loading...