Breaking News

BMKG ingatkan Situasi Cuaca

Ada Ancaman Potensi Gempa Besar dan Tsunami Capai 20 Meter

Ada Ancaman Potensi Gempa Besar dan Tsunami Capai 20 Meter

Jakarta, BERITAMERDEKA.net - Kepala  Pusat Gempa Bumi dan Tsunami, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono mengatakan, ancaman potensi gelombang tsunami tidak hanya di Selatan Jawa saja.

Hal itu dikatakan Rahmat terkait hasil dari Peneliti dari Institut Tekonologi Bandung (ITB), Profesor Sri Widiyantoro menyebutkan kemungkinan adanya potensi ancaman aktivitas gempa disertai gelombang tsunami 20 meter selatan Pulau Jawa.

“Ancaman potensi memang nyata disana (Selatan Pulau Jawa). Kemudian kalau terkait potensi tidak hanya di Selatan Jawa saja. Bahwa potensi hampir di seluruh wilayah Indonesia,” kata Rahmat kepada Okezone di Jakarta, Jumat (25/9/2020).

Rahmat memaparkan, adanya pontesi ancaman gelombang mulai dari pantau Barat Sumatera, kemudian ke Selatan Simeleu, Nias, Mentawai, Enggano dan belok menuju ke Selatan Jawa.

“Sampai menerus ke Bali, NTT, NTB dan sampai ke Laut Aru ya di sana. Dan di utara Papua dan utara Sulawesi. Itu potensi tsunami bisa terjadi semua,” kata dia.

Lebih lanjut menurut Rahmat, adanya ancaman potensi itu merupakan mengacu pada penelitian sejarah masa lampau dan bisa dijadikan sebuah refrensi. Apalagi, adanya pertemuan lempengan tektonik dan menghasilkan sebuah gelombang.

“Namun justru skenario paling buruk adalah merupakan skenario paling baik untuk kesiapsiagaan,” tandasnya.(*)

Sumber:Okezone
Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...