Breaking News

Aceh Timur Mulai Lirik PAD dari Sektor Wisata Pantai

Aceh Timur Mulai Lirik PAD dari Sektor Wisata Pantai

Idi, BERITAMERDEKA.net -
Guna meningkatkan sektor penerimaan daerah disektor pariwisata, Pemerintah Aceh Timur kembali mengelola objek wisata pantai. Sebelumnya objek wisata tersebut ditutup selama 23 tahun akibat konflik yang berkepanjangan.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh Timur Nauli mengatakan, akan membuka seluruh wisata pantai di Aceh Timur untuk umum.

"Pantai disepanjang pesisir Aceh Timur dibuka untuk umum sebagai objek wisata islami," kata Nauli, Rabu (27/01/2021).

Dikatakan, pihaknya sudah meminta kepada aparat gampong yang memiliki objek wisata pantai untuk membuat qanun gampong tentang tata cara berwisata.

“Qanun tersebut mengatur tentang tata cara berwisata sesuai dengan syariat Islam," tukas Nauli.

Selain membuat aturan kepariwsataan, meminta geuchik membuat kelompok sadar wisata yang akan mengembangkan wisata pantai.

“kita berikan pemahaman dengan dibukanya objek wisata pantai akan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran,” kata Nauli.

Namun terkait fasilitas, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur saat ini sedang mengupayakan hal tersebut.

“Dana gampong dapat digunakan untuk membangun fasilitas di objek wisata, tetapi harus melaui proses yang benar,” tutup Nauli.

Secara terpisah, salah seorang tokoh muda, Mahyuddin Kubar juga menanggapi mengenai pembukaan sejumlah objek wisata pantai di Aceh Timur.

Melalui video yang diunggahnya melalui Facebook, Mahyuddin mengatakan pantai yang berada di Gampong Matang Rayeuk Kecamatan Peudawa Puntong, Aceh Timur sudah mulai ramai dikunjungi warga.

"Saat ini banyak warga dari luar termasuk kota Langsa, Tamiang, Aceh IUtara dan Lhokseumawe berkunjung ke lokasi ini," sebut Mahyuddin.

Dari informasi, dihari libur beberapa pantai yang ada di Aceh Timur di serbu warga untuk menikmati akhir pekannya. Diantaranya Pantai Leugeu di Gampong Leugeu, Kecamatan Peureulak.

Pantai matang Rayeuk di Kecamatan Peudawa, pantai Idi di Gampong Keutapang Mameh dan pantai Idi cut di Kecamatan Darul Aman, Aceh Timur.

Namun saat ini, pantai Leugeu dan pantai Matang Rayeuk yang paling diminati dikunjungi warga untuk berwisata karena sudah didukung penuh oleh masyarakat setempat serta fasilitas yang memadai. | SYAFRUL |

Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...