Breaking News

Aceh Jaya Kaya Objek Wisata

Aceh Jaya Kaya Objek Wisata

Calang, BERITAMERDEKA.net- Sebelum anda hendak menghabiskan liburan bersama keluarga dan orang tercinta di akhir tahun 2020 ini di Kabupaten Aceh Jaya, ada baiknya harus tau tentang daerah tersebut.

Untuk diketahui, Kabupaten Aceh Jaya merupakan kabupaten di Provinsi Aceh Jaya pemekaran dari kabupaten induk yaitu Aceh Barat di tahun 2002 silam.

Daerah ini juga merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Aceh yang terkena dampak gempa dan tsunami 2004 silam. daerah ini sebuah wilayah yang berbukit dan memiliki banyak pulau liar yang betebaran di lautnya hampir sepanjang pantai.

Jadi, jika benar-benar mau ke Aceh Jaya bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor dan kenderaan roda empat cuma dengan jarak dua jam saja dari kota Banda Aceh sehingga para wisatawan tidak akan kesulitan bila mau berkunjung ke Aceh Jaya.

Bahkan jika telah memasuki Aceh Jaya akan disuguhkan dengan pemandangan yang eksotis dengan kelukan gunung dan alam laut yang mempesona yaitu di kawasan penggunung geurutee dengan panjang 8-10 Km.

Di tempat tersebut para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan yang memukau dengan pandangan ke laut lepas sambil menikmati berbagai kuliner yang disajikan oleh para pemilik cafe yang berjejeran sepanjang jalan.

Asy'ari Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga dan Wisata mengatakan lokasi wisata yang ada di Aceh Jaya bukan hanya puncak gunung geurutee, namun masih banyak tempat wisata lainnya yang saat ini mulai ramai dikunjungi warga baik lokal,nasional maupun internasional.

Ramainya kunjungan tempat wisata oleh warga ke Aceh Jaya tak terlepas dari kesadaran masyarakat setempat dari keramahtamahan, kebersihan, dan mempromosinya lewat media.

Asy'ari menjelaskan, selama ini pihaknya terus mempromosi wisata yang ada di Aceh Jaya dengan bekerja sama dengan berbagai pihak seperti LSM, Pokdarwis dan berbagai pihak lainnya, yang tentunya untuk menarik para wisatawan berkunjung ke Aceh Jaya.

Ia menyebutkan tempat wisata yang saat ini paling ramai di kunjungi dan digemari warga juga ada di pusat ibukota Aceh Jaya yaitu pantai pasie luah yang berada di pusat kota Calang, disini bukan hanya dekat dengan ibukota kabupaten tetapi di tempat ini memiliki alam yang menakjubkan.

Dan tempat lain yang tidak jauh dari pantai Pasie Luah Calang juga ada puncak gunung ketapang yang lebih dikenal dengan puncak gunung sunset yang berada di pinggiran laut Desa Keutapang Kecamatan Krueng Sabee.

" di tempat ini saban hari terutama menjelang senja para warga menghabiskan waktu untuk menunggu terbenamnya matahari (sunset) karena terbenam langsung di laut lepas," jelas Asy'ari.

Lebih lanjut ia mengatakan Aceh Jaya mempunyai 28 lokasi wisata yang tersebar di sembilan kecamatan yang saat ini mulai dikunjungi warga baik wisata bahari maupun wisata alam penggunungan.

Untuk itu, ia mengharapkan kerjasama yang baik dari semua pihak agar para wisatawan yang berkunjung ke Aceh Jaya lebih betah dan tidak bosan menghabiskan waktu masa liburan,

Hal itu dengan menjaga adat, budaya, kuliner dan yang terpenting menjaga kebersihan sekitar lokasi wisata serta memperindah lokasi, karena sektor wisata merupakan salah satu denyut ekonomi warga saat ini.

" kami sebagai pemerintah terus berbenah dan mempromosikan agar setiap tahun semakin banyak para wisatawan yang akan mengunjungi Aceh Jaya,"imbuhnya.

Dan lebih lanjut ia menerangkan, dimasa pandemi covid-19 seperti saat ini pihaknya juga meminta pada semua pihak terutama pegiat wisata dan pengusaha wisata agar terus bekerja untuk menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Aceh Jaya.

Salah satu cara yang perlu dilakukan oleh pihak pegiat wisata disaat pandemi covid -19 agar tetap selalu mematuhi protokol kesehatan sebagaimana anjuran dan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Pihaknya terus menghimbau agar selalu menjaga kebersihan di lingkungan tempat wisata dan tetap menjaga protokol kesehatan, sehingga dengan ramainya yang mengunjungi tempat wisata, pertumbuhan ekonomi masyarakat terus meningkat," pinta Asy'ari. |musliadi|

Sponsored:
Loading...
Sponsored:
Loading...