Breaking News

Bank Aceh

94 Rohingya Masih Bertahan di Gampong Lancok Aceh Utara

94 Rohingya Masih Bertahan di Gampong Lancok Aceh Utara

Aceh Utara, BERITAMERDEKA.net -
94 orang Rohingya yang beberapa hari terkatung katung di lautan perairan Aceh Utara akibat mesin kapal yang mereka tumpangi rusak, akhirnya di tarik warga sekitar ke daratan.

Dari informasi yang di himpun BERITAMERDEKA.net pada Kamis 25 Juni 2020, warga sekitar membantu pencari suaka itu mendarat, meski ada larangan dari Pemerintah Aceh Utara untuk membantu imigran Rohingya mendarat,

Namun unsur kemanusiaan warga setempat dan nelayan menarik kapal rusak dan memaksa 94 Rohingya yang didominasi perempuan dan anak-anak tersebut turun ke Pantai Lancok Kecamatan Syamtalira Bayu dalam kondisi hujan lebat.

Aksi warga tanpa komando itu, terjadi karena merasa kasihan terhadap nasib warga Rohingya yang menyedihkan dan mempertahankan hidupnya.

Meskipun menyadari adanya larangan mendarat bagi imigran asing, namun hal itu tidak lagi digubris oleh masyarakat yang masih memiliki rasa kemanusiaan.

Warga dan nelayan yang merasa kasihan dan iba dengan nasib Rohingya di atas kapal rusak, akhirnya bertindak secara gotong-royong untuk mendaratkan dan menampung mereka.

Akhirnya dengan adanya gerakan kemanusiaan tanpa ada komando atau tanpa dikoordinir dari warga dan nelayan Lancok, kini para Imigran Rohingya pun dapat keleluasaan turun ke darat.

Selanjutnya masyarakat berbondong-bondong mempersiapkan segala sesuatu ke meunasah, agar Imigran asing bisa mandi dan makan malam bersama. Sementara itu kapal motor yang mereka tumpangi diperbaiki.

Sementara berdasarkan informasi yang berkembang, Pemerintah Kabupaten Aceh Utara tetap bersikukuh untuk tidak menerima warga Rohingya tersebut di karenakan berbagai alasan, namun hingga hari ini pencari suaka tersebut masih bertahan di pesisir pantai Gampong Lancok hingga ada instruksi lebih lanjut dari pihak yang berwenang.|syafrul|

Sponsored:
Loading...