Breaking News

591 Aset Tanah Pemda Aceh Singkil, Belum Bersertifikat

591 Aset Tanah Pemda Aceh Singkil, Belum Bersertifikat

Singkil, BERITAMERDEKA.net - Ratusan aset bidang tanah milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil, belum bersertifikat. Bupati Aceh Singkil Dulmusrid, membenarkan ratusan bidang tanah milik Pemda Aceh Singkil belum bersertifikat, makanya Pemda sedang menggalakkan program Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA), untuk mengejar angka pensertifikatan aset tanah.

"Tim dari BPN terus bekerja untuk turun ke lokasi, daerah mana yang asetnya belum tersertifikatkan," kata Dulmusrid, saat ditemui dikantornya, Senin (01/03/2021).

Badan Pengelola Keuangan Kabupaten  (BPKK) Aceh Singkil  di bidang aset, mencatat ada 591 dari 685 bidang tanah milik Pemkab Aceh Singkil, belum bersertifikat.

"Baru 94 bidang tanah milik Pemda yang sudah bersertifikat," kata Kepala Bidang Aset BPKK Aceh Singkil, Arief Poedjianto dikantornya.

Arif menyebutkan, aset tersebut meliputi bidang tanah untuk bangunan perkantoran, fasilitas umum seperti sekolah, puskesmas, pelabuhan, sejumlah kantor desa dan lainnya.

Arif mengungkapkan, komplain dilapangan terkait orang pendahulu yang telah meninggal dunia, sehingga ahli waris ragu, apakah benar orang tuanya dulu mendapat ganti rugi sebesar ini. Itulah yang perlu diyakinkan dengan dokumen yang dimiliki.

Sementara itu, terkait bangunan yang berada diatas tanah gambut, tidak dapat disertifikatkan. Namun pihaknya, kata Arif, sedang berusaha mengeluarkan kantor tersebut, dari peta tanah gambut agar dapat disertifikatkan.

Tahun ini selesai dalam urusan pengukuran tanah, sementara untuk pensertifikatan akan terus menyusul sembari melengkapi dokumen pemberkasan, ucapnya. (SB)

Editor:
Iklan BM Bank Aceh
Sponsored:
Loading...
Iklan BM DPRA
Sponsored:
Loading...