Breaking News

3 Bank Tutup, Bentuk Unit Usaha Syariah, Nasabah Jangan Panik

3 Bank Tutup, Bentuk Unit Usaha Syariah, Nasabah Jangan Panik
Kepala OJK Aceh, Yusri. (Foto Ist)

Banda Aceh, BERITAMERDEKA.net – Medio April 2021, ada tiga bank konvensional yang tutup. Dan dari sejumlah bank, tadi nya bank umum konvensional ada 13 di Aceh.  Pascapemberlakuan Qanun nomor 11/2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS) di daerah ini, tersisa 10 bank. Adapun yang tutup, meliputi Bank CIMB, Sinar Mas, dan Danamon.

Tetapi, kata Kepala OJK Aceh, Yusri, tutup nya ketiga bank konvensional tersebut, mereka membuka Unit Usaha Syariah (UUS), yaitu bank nya membuka layanan syariah, seperti Bank CIMB UUS, Sinar Mas UUS, dan Danamon UUS.

“Jadi tutupnya Bank CIMB, mereka buka Bank CIMB UUS, begitu juga dua bank lainnya yang telah tutup bank konvensionalnya di Aceh,” ujar Kepala OJK Aceh, kepada BeM di Banda Aceh, Senin (03/05/2021) malam.

Ia pun menyebutkan, para nasabah tiga bank konvensional yang telah keluar dari Aceh, tidak perlu khawatir dengan uangnya, karena bank-bank ini, telah membuka bank Syariah dengan nama Unit Usaha Syariah. Hanya saja, ucapnya, para nasabah harus pindah buku dari konvensional ke Syariah, ‘mumpung’ bank nya masih berada di Aceh.

Sementara itu, 10 bank umum lainnya, bakalan keluar dari Aceh, dan telah menggantikannya dengan layanan perbankan syariah milik mereka, contohnya Bank BCA Syariah, BRI Syariah, Bank Mandiri Syariah, dan BNI Syariah.

Ia pun menambahkan, jumlah rekening dana pihak ketiga ada sekitar 2,7 juta lagi, apakah simpanan tabungan, deposito, dan atau giro, itu yang belum bisa dipindahkan. Mengapa? Karena bank-bank nya masih ada di Aceh, dan secara bertahap akan dipindahkan pelan-pelan.

Sekali lagi, Ia mengimbau kepada nasabah, agar tidak panik atau khawatir, deadline atau tenggat waktu kepindahan bank-bank konvensional hingga Desember 2021. Makanya, rentang waktu tersebut, silakan dimanfaatkan untuk memindahkan rekeningnya ke tabungan Syariah.

Yusri berharap, tidak ada persoalan di tengah masyarakat, kalau pun muncul, nasabah atau masyarakat dipersilakan menghubungi OJK Aceh. | dec|

Editor:
Sponsored:
Loading...