Breaking News

Bank Aceh

250  Etnis Rohingya  Diusir dan Dilarang Mendarat di Lhokseumawe

250  Etnis Rohingya  Diusir dan Dilarang Mendarat di Lhokseumawe
Kapal Pembawa 250 Etnis Rohingya Diusir Aparat

Lhokseumawe, BERITAMERDEKA.net - Satu kapal asing diduga mengangkut 250 etnis Rohingya kembali mendekati perairan Aceh. Ratusan imigran itu diduga akan berlabuh di Lhokseumawe.

"Ada info begitu, sudah beberapa hari ini mereka para pengungsi terlihat oleh nelayan kita," kata Wakil Sekjen Panglima Laot Aceh, Miftach Cut Adek, Senin, 19 Oktober 2020.

Miftach mengatakan ratusan imigran itu berada sekitar 80-100 mil laut wilayah perairan Utara Lhokseumawe.

Menurutnya, imigran Rohingya kemungkinan besar berencana mendarat ke wilayah Lhokseumawe.

Namun, Aceh bukan tujuan utama mereka, melainkan hendak ke Malaysia. Pasalnya, para imigran Rohingya itu merapat ke Aceh setelah ditolak di Malaysia dikarenakan letak geografis dan arus yang membuat mereka lebih mudah ke Lhokseumawe.

Perlu diketahui, selama 2020 sudah dua kali kapal imigran Rohingya terdampar ke tanah rencong. Imigran pertama pada 24 Juni 2020 sekitar 99 orang di perairan Aceh Utara.

Kemudian, rombongan kedua terdampar pada 7 September 2020 sebanyak 297 jiwa. Semuanya diungsikan ke gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Lhokseumawe.

Sementara itu, sempat beredar informasi di grup whatsapp wartawan di Aceh,
isi surat laporan dari Danlanal Lhokseumawe menginfokan bahwa saat ini bahwa ada kapal Rohingya sebanyak 250 orang berada di co N 06. 30′. 500″ dan E 096. 53′ . 500″ kemungkinan besar akan datang lagi masuk ke Aceh. Posisi di utara Lhoksumawe dengan jarak 76,7 NMi.

Saat ini diupayakan penghalauan di laut. Jajaran Koramil sepanjang pantai Lhokseumawe dan Aceh Utara segera siagakan Babinsa sebagai antisipasi masuknya mereka ke Aceh.

Lakukan upaya-upaya yang dianggap perlu kepada masyarakat agar tidak menerima mereka yang merupakan imigran gelap datang lagi kemari. | andri syahputra |

Sponsored:
Loading...